Waspadai 5 tanda tersembunyi pra-menopause ini!

Reporter : Kun Sila Ananda | Kamis, 7 Juni 2012 15:05




Waspadai 5 tanda tersembunyi pra-menopause ini!
Ilustrasi tanda-tanda menopause. merdeka.com/ menopause-aid.com

Merdeka.com - Semua orang yang mulai mendekati masa-masa menopause pasti akan segera mencari tanda-tanda yang muncul dari dirinya. Namun kebanyakan wanita hanya mencari tanda-tanda umum seperti kehilangan gairah seksual, mudah marah, kepanasan, atau tanda lainnya. Padahal sebenarnya ada beberapa tanda tersembunyi yang tak selalu diperhatikan, seperti dilansir oleh Yahoo! Shine berikut ini.

1. Menstruasi berhenti selama tiga hingga enam bulan, kemudian muncul lagi
Ketika mengalami hal ini, wanita cenderung berpikir bahwa mereka sedang hamil. Saat mereka tahu itu bukan kehamilan, maka mereka menganggap itu bukan hal yang penting. Padahal menstruasi yang tidak teratur atau bahkan berlebihan adalah salah satu tanda pra-menopause.

2. Payudara terasa lebih lembut
Karena menstruasi yang tak terkendali, maka Anda cenderung tak akan memperhatikan perubahan pada payudara Anda. Pada masa pra-menopause, payudara bisa menjadi lebih lembut terus-menerus.

3. Migrain yang semakin parah
Beberapa wanita mengalami migrain selama masa menstruasi. Pada masa pra-menopause, migrain yang mereka alami bisa bertambah parah. Para wanita jarang menyadari ini karena mereka berpikir ini berkaitan dengan hormon mereka yang sedang tak stabil selama masa menstruasi.

4. Kecemasan bertambah
Beberapa wanita mungkin tak pernah mengira bahwa meningkatnya kecemasan bisa menjadi tanda-tanda menopause. Namun jika Anda mendekati masa menopause, dan Anda mengalami peningkatan kecemasan hingga menimbulkan kesulitan bernafas, detak jantung yang lebih cepat, pusing, dan berkeringat secara berlebihan, Anda patut waspada.

5. Kesehatan mental semakin terganggu
Hal ini bisa terjadi pada wanita yang mengalami depresi dan kelainan bipolar. Gejala depresi atau penyakit mental mereka semakin parah selama masa pra-menopause.

Ada baiknya Anda selalu membuat catatan mengenai siklus menstruasi Anda atau memperhatikan tanda-tanda tersebut. Dengan begitu, tak akan ada tanda-tanda sekecil apapun yang lolos dari pengawasan Anda, dan Anda bisa mempersiapkan diri Anda untuk masa menopause.

[kun]


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Saat Sail pendapatan pengojek di Raja Ampat Rp 1,3 juta per hari
  • Mati gaya! Justin Bieber gagal kecoh paparazzi
  • Aksi kubu Prabowo minta pelantikan Jokowi ditunda
  • Kemarahan warga saat pergoki Andi kencani ibu teman
  • 'INSURGENT' jadi korban kepopuleran film lain?
  • Ups baju Tiffany dan IU kok sama, nggak saling pinjam kan?
  • Biaya pernikahan Raffi Ahmad tembus 3 miliar, tapi ...
  • Hujan deras warnai kedatangan Presiden SBY ke Raja Ampat Papua
  • Cerita mantan terpidana teroris, kini jadi ketua RT di Menteng
  • Pembeli motor curian ini diamankan saat urus balik nama BPKB
  • SHOW MORE