Tips tetap sehat di usia 50 tahun

Reporter : Vizcardine Audinovic | Sabtu, 18 Mei 2013 08:03




Tips tetap sehat di usia 50 tahun
Ilustrasi orang tua. ©2012 Shutterstock/frantab

Merdeka.com - Merawat diri sendiri adalah hal penting dalam hidup Anda. Ketika anda beranjak tua, Anda justru harus lebih perhatian pada kondisi tubuh. Tubuh Anda memerlukan perawatan lebih daripada sebelumnya. Tidak hanya untuk kesehatan fisik namun untuk mental juga. Berikut tips agar hidup sehat di usia senja, dilansir eHow.

Makan sayuran Anda
Usia bertambah akan makin rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu agar penyakit tidak menyebar di tubuh, Anda harus mengantisipasinya. Hindari makanan berlemak dan perbanyak asupan sayuran agar tubuh sehat dan bugar.

Jalan kaki
Berjalan adalah aktivitas termudah dan menyehatkan tubuh. Jalan kaki akan memperkuat jantung pria, terhindar dari diabetes tipe 2, serta meningkatkan fungsi fisik.

Waktu tidur cukup
Mendapatkan tidur malam yang baik sangat penting untuk memelihara kesehatan yang prima. Hal ini memberikan waktu untuk tubuh beristirahat dan memulihkan diri. Pastikan Anda tidak terganggu dengan televisi atau handphone yang membuat tidur Anda jadi tidak nyaman.

Rutin check-up
Rutin kontrol ke dokter membantu mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan Anda. Hal ini penting karena ada beberapa penyakit yang tidak memiliki gejala yang menonjol namun bisa membahayakan nyawa Anda.

Hindari alkohol
Untuk Menjaga kesehatan yang optimal, hindari konsumsi alkohol. Selain itu jauhi tembakau. Dua hal itu sangat buruk untuk kesehatan Anda, terlebih di usia senja.

Bersosialisasi
Mempertahankan hubungan sosial membuat Anda terus ceria dan menyehatkan mental. Meski tua bukan berarti Anda tidak bisa bergaul. Makan malam bersama teman, pergi jalan-jalan, karaoke adalah kegiatan menyenangkan yang dapat menyegarkan pikiran dan hati Anda.

Tingkatkan kekuatan otak Anda
Saat usia bertambah, fungsi tubuh malah akan berkurang. Untuk memperkuat otak Anda ketika tua, Anda bisa melatihnya dengan bermain catur, scrabble, teka-teki silang dan sudoku. Permainan yang mengasah otak ini bisa membuat Anda tidak mudah pikun.

Menghabiskan waktu di luar
Menghirup udara segar dan berjemur di sinar matahari adalah aktivitas singkat yang membuat sehat dan meningkatkan suasana hati Anda. Lakukan selama 15 sampai 20 menit per hari dari sinar matahari dapat dan rasakan khasiatnya.

Hidupkan aktivitas seks Anda
Kebutuhan seksual adalah bagian normal dari kehidupan meski menginjak usia senja. Kehidupan seks yang sehat menjadi pertanda baik untuk semua bidang kesehatan baik fisik, mental dan emosional.

Menyesuaikan sikap
Salah satu cara terbaik untuk berpikiran positif tentang diri sendiri adalah optimis. Pikiran positif dan optimis membantu menjaga pikiran Anda dan kesejahteraan emosional dalam kondisi yang baik. Ketika kondisi mental baik, maka kita dapat beraktivitas dengan baik pula.

Usia senja bukan berarti Anda tidak bisa berbuat banyak kegiatan. Dengan kondisi fisik dan mental yang sehat Anda masih bisa aktif seperti muda dulu.

[vic]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Kisah komplet pembunuhan mama cantik Sri Wahyuni oleh Jean Alter
  • Empat pastor transgender bikin geger sejagat
  • Personel NOAH siap bagi-bagi tugas di nikahan David
  • Cerita prostitusi berkedok warung pecel lele tarif Rp 350 ribu
  • Review: Mancini debut, derby Milan berakhir seri
  • Sejak 1982, warung esek-esek merebak di Gunung Kemukus
  • Imam besar New York: Kisruh KMP-KIH harusnya usai paska pemilu
  • Melawan pakai senapan angin, pencuri kepala sawit didor polisi
  • Bawa anak ke mall, Jessica Iskandar kabur bak dikejar hantu
  • Seks bebas di Kemukus berawal dari riwayat keturunan Majapahit?
  • SHOW MORE