Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Suplemen minyak ikan turunkan risiko diabetes tipe-2

Suplemen minyak ikan turunkan risiko diabetes tipe-2 Ilustrasi minyak ikan. ©shutterstock.com/skogit

Merdeka.com - Suplemen minyak ikan diketahui mampu menurunkan risiko diabetes tipe-2, ungkapan peneliti Amerika Serikat. Hal ini karena suplemen minyak ikan meningkatkan jumlah hormon yang bisa menurunkan risiko diabetes.

"Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan sirkulasi adiponectin. Saat ini efek yang sama pada manusia masih belum diketahui dengan pasti. Dengan melihat bukti yang ada dari beberapa percobaan, kami menemukan bahwa suplemen minyak ikan bisa meningkatkan adiponectin pada darah manusia," ungkap ketua peneliti Jason Wu dari harvard School of Public Health, seperti dilansir oleh Third Age (23/05).

Hasil ini diketahui setelah melakukan percobaan pada 682 subyek dengan minyak ikan, 641 partisipan diberikan plasebo, dan minyak zaitun, serta minyak biji bunga matahari.

Pada partisipan yang mengonsumsi minyak ikan, tingkat adiponectin meningkat hingga 0,37 mikrogram per milimeter. Hasil ini juga menunjukkan bahwa efek suplemen minyak ikan bisa berbeda-beda bagi tiap orang. Efek minyak ikan bisa jadi lebih kuat pada beberapa orang dan lemah pada orang lain.

"Meski tingkat adiponectin pada aliran darah meningkat dan bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2 serta penyakit jantung koroner, namun apakah minyak ikan berpengaruh pada metabolisme glukosa dan perkembangan diabetes tipe-2 masih belum jelas," ungkap Wu.

Meski begitu, penelitian Wu menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen minyak ikan bisa meningkatkan jumlah adiponectin dalam aliran darah yang mengurangi risiko diabetes tipe-2. (mdk/kun)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP