Peneliti temukan cara menutup luka tanpa jahitan

Reporter : Rizqi Adnamazida | Minggu, 12 Mei 2013 12:21

Peneliti temukan cara menutup luka tanpa jahitan
Ilustrasi luka jahitan. ©Daily Mail/Corbis

Merdeka.com - Peneliti dari American Chemical Society akhirnya berhasil melakukan tes menutup luka tanpa jahitan. Mereka tepatnya menggunakan solder laser berbasis emas.

Solder yang mengandung partikel emas tersebut mampu membentuk sejenis penutup luka sehingga metode jahitan yang menyakitkan tidak perlu dilakukan.

Peneliti percaya kalau metode ini bisa menggantikan cara menutup luka dengan cara menjahit kulit. Buktinya mereka sukses menutup luka di area usus babi dengan solder laser berbasis emas tersebut.

Teknik bernama Laser Tissue Welding (LTW) itu juga lebih rapat dalam menutup luka dan tidak meninggalkan bekas yang terlalu nyata.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Kaushal Rege dan tim peneliti menggunakan solder jaringan bernama plasmonic nanocomposite - materi yang mengandung nanorod emas. Sifatnya pun elastis sehingga mampu menutup luka secara rapat dan efektif.

Peneliti lantas berencana menginvestigasi materi tersebut secara mendalam untuk mengetahui apakah metode serupa bisa dimanfaatkan dalam kasus luka tertentu lainnya.

Baca juga:
Cara tepat menyimpan makanan di kulkas
10 Cara untuk menjaga agar otak tetap muda
Cara mengatasi insomnia pada anak
Perlukah membuang sikat gigi setelah sakit tenggorokan?
Makanan yang harus dihindari saat menopause

[riz]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE