Nutrisi yang berbahaya bagi kesehatan ginjal

Reporter : Destriyana | Jumat, 22 Juni 2012 14:37

Nutrisi yang berbahaya bagi kesehatan ginjal
Kopi dan coklat. merdeka.com/Bigstock

Merdeka.com - Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan demikian, lebih baik menjaga ginjal Anda tetap dalam kondisi sehat. Namun, bila gaya hidup Anda telah menyebabkan kerusakan pada ginjal, Anda harus menghindari makanan-makanan ini. Inilah lima makanan yang tidak baik untuk ginjal, menurut Boldsky.


1. Protein hewani. Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung protein hewani seperti daging dan ikan. Makanan ini mengandung fosfor dan purin yang tidak sehat untuk ginjal. Purin dapat meningkatkan kandungan asam dalam darah. Ini akan memberi Anda nyeri sendi (gout) dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

2. Teh, kopi, anggur, jeruk, dan sayuran berdaun hijau adalah makanan yang harus dihindari untuk mencegah penyakit ginjal. Makanan ini mendorong pembentukan batu ginjal.

3. Makanan bernatrium tinggi: Tekanan darah tinggi dan kerusakan ginjal memiliki hubungan timbal balik. Jadi, Anda harus mengurangi konsumsi garam dalam makanan Anda dan menghindari makanan kaleng yang diawetkan secara total. Hal ini disebabkan oleh semua makanan diawetkan atau dikalengkan memiliki konsentrasi sodium sangat tinggi.

4. Makanan berkalium tinggi: Asupan kalium menjadi masalah saat ginjal sudah rusak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalium tinggi dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh.

5. Makanan yang mengandung fosfor tinggi: Jika Anda seorang pencinta cokelat, maka ada kabar buruk untuk Anda. Semua produk kakao termasuk produk coklat, susu, kacang-kacangan, buah-buahan kering sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Terlalu banyak konsentrasi fosfor dalam ginjal menghambat proses penyerapan kalsium.

Untuk menjaga fungsi ginjal tetap sehat, hindari makanan-makanan ini. Kesehatan Anda adalah kado terindah untuk orang-orang terkasih di sekitar Anda.

[des]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE