Manfaat santan bagi kesehatan

    Reporter : Rizqi Adnamazida | Senin, 27 Februari 2012 17:21

    Manfaat santan bagi kesehatan

    Merdeka.com - Santan adalah cairan putih kental yang dihasilkan dari parutan kelapa yang diperas dengan air. Santan sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang berfungsi sebagai penyedap.

    Tahukah Anda manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari santan? Santan berperan dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh, pertahanan terhadap penyakit, dan manfaat lain seperti yang dilansir oleh eHow berikut ini.

    Nutrisi
    Santan mengandung vitamin, mineral, elektrolit, potasium, kalsium, dan khlorida. Hanya pada satu jenis bahan makanan, Anda bisa memperoleh berbagai nutrisi di dalamnya.

    Lemak jenuh
    Santan mengandung lemak jenuh yang tersusun dari asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai sedang. Lemak-lemak tersebut cepat berubah menjadi energi daripada menumpuk di dalam tubuh. Oleh sebab itu meskipun santan mengandung lemak jenuh, Anda tetap bisa mengkonsumsinya ketika sedang diet.

    Asam laurat
    Setengah dari asam lemak jenuh rantai sedang terdiri atas asam laurat yang memiliki fungsi sebagai anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-jamur. Dengan kata lain, santan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Susu
    Santan bisa disebut sebagai pengganti susu bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk susu hewani. Santan juga bebas kedelai, bebas gluten, dan bebas kacang.

    Meredakan sakit
    Jika Anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengkonsumsi santan. Santan dipercaya meredakan gejala penyakit tersebut.

    Perawatan kulit
    Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Selain itu, gunakan santan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.

    Berbagai olahan dengan bahan dasar santan bisa Anda aplikasikan untuk memperoleh manfaat santan di atas. Jika Anda merasa kerepotan dan tidak punya banyak waktu untuk memeras santan, Anda bisa membeli santan instan yang cukup dicampur dengan air panas dan siap untuk digunakan.

    [riz]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


    Be Smart, Read More
    Back to the top
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Jadi utusan khusus ke China, Menko Puan disambut Presiden Xi Jinping
  • 4 Tahun jadi SPG sapi, Mayang kini terbiasa dengan bau kandang
  • Kocak! Ini alasan Dennis Adishwara tolak main sinetron
  • Jadi Kabareskrim, Komjen Anang tak tahu bermuatan politik atau tidak
  • Ini video terbaru dari Kia Sportage 2016, keren!
  • Asap di Riau masih tebal, Citilink hentikan penerbangan 3 hari
  • PAN sebut gabung pemeritah untuk pecahkan kebuntuan politik
  • Bamsoet duga ada pihak 'kebakaran jenggot' saat Pelindo diobok-obok
  • Blak-blakan BI soal anjloknya Rupiah, spekulan dan sentimen global
  • Unik, kuburan ini tepat di tengah jalan raya, jadi tontonan turis
  • SHOW MORE