Merdeka.com tersedia di Google Play


Latihan interval, olahraga tepat untuk turunkan berat badan

Reporter : Rizqi Adnamazida | Senin, 26 November 2012 20:57


Latihan interval, olahraga tepat untuk turunkan berat badan
Ilustrasi berlari. ©Shutterstock/Warren Goldswain

Merdeka.com - Latihan interval merupakan jenis olahraga yang memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras. Selain itu, latihan ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga Anda yang berniat menurunkan berat badan sebaiknya mencoba untuk lebih sering melakukan latihan interval.

Sisi positif dari latihan interval yang lain adalah membantu Anda mengurangi ketegangan dan kecemasan. Daya tahan tubuh pun meningkat dan membuat Anda semakin bugar. Simak penjelasan lengkap tentang latihan interval seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Apa itu latihan interval?
Dasar dari latihan interval adalah olahraga yang memberikan jeda di sela-sela aktivitas fisik yang dilakukan. Misalnya Anda mengganti kecepatan setiap menit secara berkala. Bahkan latihan angkat berat juga bisa disebut latihan interval karena memiliki awalan dan akhiran yang berkelanjutan.

Contoh latihan interval adalah Anda berlari cepat selama dua menit diikuti dengan gerakan berjalan kaki dalam waktu yang sama. Kemudian aktivitas tersebut diulang selama beberapa kali sampai 10-20 menit. Selain lari, berenang, bersepeda, berjalan, dan angkat besi juga bisa mengadopsi cara latihan interval ini.

Kurus dengan latihan interval
Latihan interval diawali dengan kecepatan atau intensitas gerak tubuh yang tinggi, namun kemudian istirahat sejenak. Sehingga tubuh tidak bisa bekerja pada kondisi yang stabil dan akan terus-terusan berusaha menyesuaikan gerakan. Jadi latihan interval jelas mampu membakar lebih banyak lemak, menguatkan otot, dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Seberapa sering harus latihan interval?
Anda bisa melakukan latihan interval satu sampai tiga kali seminggu. Hal yang harus Anda ingat adalah menjaga durasi sekitar 10-20 menit untuk hasil terbaik. Lebih dari waktu tersebut, Anda bisa mengalami kelelahan yang malah membahayakan tubuh.

Siapa yang bisa melakukannya?
Siapa saja bisa melakukan latihan interval demi menjaga kebugaran tubuh dan berat badan yang ideal. Tetapi bagi Anda yang mengalami kondisi kesehatan tertentu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah latihan interval cukup aman dilakukan atau tidak.

Itulah latihan interval, olahraga tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tertarik mencobanya?

[riz]

Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Din Syamsuddin desak PKB jadi pimpinan koalisi partai Islam
  • Menggunakan internet turunkan depresi pada manula!
  • Ketum Muhammadiyah minta parpol Islam bentuk koalisi strategis
  • Hah? Film Sepatu Dahlan Menghilang Dari Banyak Bioskop
  • Din Syamsuddin anggap partai Islam dulu tiarap dan pingsan
  • Septy Sanustika Ungkapkan Alasan Mengapa Ia Lepas Jilbab
  • Gunung Nemrut, persemayaman dewa-dewa yang terpenggal
  • Soal koalisi, Demokrat minta elite contoh semangat Timnas U-19
  • Infrastruktur buruk, Jakarta sulit lepas dari kemacetan
  • TPS 1 Desa Pungki Aceh lakukan pencoblosan ulang
  • SHOW MORE