Inilah penyebab Anda sering kencing di tengah malam!

Reporter : Destriyana | Senin, 18 Juni 2012 13:36




Inilah penyebab Anda sering kencing di tengah malam!
Ilustrasi pria kencing. merdeka.com/bobiler.org

Merdeka.com - Bangun di tengah malam dan berlari-lari ke toilet merupakan hal yang paling menyebalkan. Selain mengganggu waktu istirahat, urgensi kencing di malam hari membuat tubuh jadi lemas. Anda tentu menyalahkan kebiasaan Anda minum di malam hari. Sayangnya, itu bukan satu-satunya alasan seseorang kebelet kencing di tengah malam. Penyebabnya bisa jadi gen. Benarkah?

Sebuah tim peneliti dari Jepang mengamati pola buang air kecil manusia. Mereka menemukan bahwa sel-sel otot kandung kemih sering diatur oleh irama sirkadian, yaitu internal tidur atau siklus bangun yang dapat dipengaruhi oleh gen.

Seseorang dengan irama sirkadian normal, jarang buang air kecil pada malam hari sehingga tubuh mereka memiliki waktu untuk beristirahat dan memulihkan tubuh tanpa diganggu. Tetapi, manusia dengan irama sirkadian abnormal sering kencing pada siang hari dan malam hari, menurut penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications.

Para peneliti juga menemukan bahwa protein spesifik, Cx43, yang ditemukan dalam sel otot kandung kemih dan sebagian besar dikendalikan oleh gen, dapat menentukan berapa banyak urin yang dapat ditampung kandung kemih Anda dan seberapa sering Anda harus kencing.

Dr. Ridgeway mengatakan bahwa penyebab urgensi kencing di malam hari dapat berhubungan dengan apnea tidur, kandung kemih yang kecil, dan gen. Sementara itu, kekuatan dan kapasitas kandung kemih tidak berubah seiring dengan bertambahnya usia.

Berikut adalah tips agar tidur Anda lebih nyenyak di malam hari dari Youngbeauty:

1. Kurangi jumlah cairan yang Anda minum sebelum Anda tidur adalah solusi terbaik untuk mengurangi intensitas buang air kecil pada malam hari. Hindari minuman beralkohol dan kafein, yang dapat meningkatkan urgensi untuk buang air kecil. Hindari minum alkohol dan kafein empat jam sebelum tidur.

2. Mengurangi pembengkakan kaki akibat kelelahan. Berbaring telentang cukup efektif untuk mengurangi pembengkakan. Lakukan hal ini beberapa jam sebelum tidur untuk mengurangi urgensi kencing pada malam hari. "Ketika kita berbaring, kita menyerap semua cairan dari jaringan tubuh yang bengkak, yang kemudian dibawa ke ginjal untuk produksi urin," jelas Dr. Ridgeway. Dengan melepaskan cairan ekstra di dalam tubuh sebelum tidur, Anda dapat mengurangi kemungkinan kencing di malam hari.

[des]


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Ironis, bule menguasai pulau usir warga lokal sampai polisi
  • Cecilia Cheung frustasi anaknya difoto paparazzi
  • Lima presiden menjabat paling lama di dunia
  • Kuatnya stamina Jokowi, usai dilantik langsung 'tancap gas'
  • Biaya ganti nama ICB Bumiputera jadi MNC Bank capai Rp 1 miliar
  • Cerita tragis mutilasi bule dalam koper yang gegerkan Bali
  • Ingin lebih pintar atau mudah lulus ujian? Istirahat kuncinya!
  • Benarkah calon Menkominfo era Jokowi adalah wanita?
  • 5 Cerita Jokowi ingin gantikan jas dengan batik asli Indonesia
  • OJK restui ICB Bumiputera ganti nama jadi MNC Bank
  • SHOW MORE