Ini dia dampak pelecehan seksual pada pria!

Reporter : Rizqi Adnamazida | Jumat, 7 September 2012 20:22

Ini dia dampak pelecehan seksual pada pria!
Ilustrasi serangan jantung. ©2012 Shutterstock/Lisa F. Young

Merdeka.com - Pria yang ketika masih kecil mengalami pelecehan seksual lebih dari tiga kali dilaporkan berisiko terkena serangan jantung lebih tinggi. Demikian menurut penelitian dari University of Toronto. Sementara itu, peneliti tidak menemukan kaitan antara pelecehan seksual dan serangan jantung pada wanita.


"Memang, pria yang pernah dilecehkan secara seksual saat kecil terbukti lebih rentan terkena serangan jantung ketika sudah dewasa," terang kepala peneliti Esme Fuller-Thomson, seperti yang dikutip dari Science Daily (07/09),

Peneliti menduga pola hidup tidak sehat akibat pelecehan seksual menjadi pemicu serangan jantung. Sebut saja meningkatnya kebiasaan merokok, minum alkohol, stres, dan masalah finansial.

"Belum jelas mengapa dampak serangan jantung ini lebih banyak ditemukan pada pria saja karena pelecehan seksual saat muda. Mungkin gender ikut mempengaruhi. Misalnya, wanita menggunakan strategi berbeda dengan cara mencari saran untuk mengatasi kecemasan yang dialami," tutur peneliti yang lain, Sarah Brennenstuhl.

Meskipun demikian, peneliti masih belum bisa menyimpulkan bagaimana pelecehan seksual ketika muda mampu meningkatkan risiko serangan jantung pada pria. Perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, demikian kata mereka.

[riz]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE