9 Makanan rendah kalori yang tak bikin gemuk

    Reporter : Kun Sila Ananda | Sabtu, 5 Januari 2013 11:10

    9 Makanan rendah kalori yang tak bikin gemuk
    Ilustrasi semangka. ©ticketpal.net

    Merdeka.com - Khawatir bertambah berat badan dan harus selalu menjaga makanan yang Anda konsumsi? Jangan khawatir. Dengan 10 makanan bebas kalori ini, Anda tak akan bertambah gemuk. Makanan bebas kalori akan mengambil lebih banyak energi dan lebih lama dicerna tubuh. Berikut adalah 10 makanan yang bisa Anda konsumsi tanpa merasa bersalah, seperti dilansir oleh She Knows (03/01).

    1. Seledri
    Satu cangkir seledri mengandung kurang dari 20 kalori. Selain kaya serat dan air, seledri juga bisa membantu mencegah kanker rahim. Caranya cukup siapkan seledri, cuci, lalu makan.

    2. Selada
    Selada hanya mengandung delapan kalori per cangkir. Meski sebenarnya selada mengandung air yang bisa meningkatkan berat badan, namun selada juga mengandung zat besi dan magnesium. Jadi, selada akan membantu Anda cepat kenyang tanpa membuat Anda gemuk. Pastikan saja Anda tidak memakannya dalam salad dengan dressing penuh lemak.

    3. Acar dan mentimun
    Mentimun hanya memiliki 15 kalori per cangkir, sedangkan acar hanya mengandung 17 kalori. Pastikan Anda juga mengonsumsi kulit mentimun yang mengandung banyak serat. Kebanyakan mentimun mengandung air dan kurang vitamin serta nutrisi. Namun mentimun juga merupakan makanan yang rendah kalori. Anda bisa mengonsumsinya tanpa khawatir gemuk.

    4. Apel
    Apel bisa membuat Anda merasa kenyang, sekaligus memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apel biasanya mengandung 100 kalori hingga 120 kalori. Selain itu, apel juga mengandung vitamin C, antioksidan, dan bisa membantu menurunkan kolesterol.

    5. Brokoli
    Brokoli adalah sayuran kaya gizi yang hanya mengandung 25 kalori dalam setengah cangkir. sayuran hijau ini mengandung vitamin A, C, serat larut, tak mudah larut, asam folat, serta kalsium. Brokoli mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan membantu mencegah kanker usus. Meski Anda tak mencari makanan untuk menurunkan berat badan, brokoli bisa dikonsumsi untuk semua gizi yang dikandungnya.

    6. Lemon
    Lemon membersihkan tubuh dan memberikan rasa pada makanan yang tidak Anda sukai. Campurkan sedikit lemon pada air hangat dan minum di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lemon juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu mencegah infeksi.

    7. Bawang putih
    Seperti lemon, bawang putih juga makanan rendah kalori yang bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak bawang putih juga diketahui mampu menghilangkan sel lemak dalam tubuh.

    8. Semangka dan mangga
    Kedua buah ini kebanyakan mengandung air. Meski begitu, semangka hanya memiliki 80 kalori per cangkir, sementara mangga hanya mengandung 150 kalori. Namun Anda harus waspada karena dua buah ini kaya akan gula, sehingga jangan terlalu sering dikonsumsi.

    9. Asparagus
    Asparagus adalah makanan diuretic yang memudahkan pengeluaran cairan dalam tubuh. Meski begitu, sayuran ini mengandung zat yang mampu menghilangkan sel lemak dan mengurangi berat badan. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, asparagus juga digunakan untuk membuat awet muda, melindungi dari kanker, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

    Ingin ngemil tanpa khawatir berat badan bertambah? Makan saja sembilan makanan rendah kalori di atas.

    [kun]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





    Be Smart, Read More
    Back to the top
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Ini tugas 5 Deputi Staf Kepresidenan
  • Buah dan sayur tinggi pestisida kurangi jumlah sperma pria
  • Bangun infrastruktur, pemerintah diminta adil pada swasta lokal
  • Anak Amien Rais nilai pemerintah gegabah blokir 22 situs Islam
  • Anggota DPRD dari Gerindra ini bilang demo bayaran itu biasa & wajar
  • Kepincut sabu janda kembang, pemuda 19 tahun bersedia jadi kurir
  • Billy Syahputra: Moga Yoga (Olga) dilapangkan kuburnya
  • Polres Batubara tangkap sindikat pengedar uang palsu asal Bekasi
  • Ini 5 Deputi bawahan Luhut Panjaitan di Staf Kepresidenan
  • Taufik sebut kalau sampai nyatakan pendapat ke Ahok, bonus besar
  • SHOW MORE