9 Makanan pelancar siklus menstruasi

Reporter : Destriyana | Kamis, 17 Januari 2013 11:29




9 Makanan pelancar siklus menstruasi
Ilustrasi susu kedelai. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/vanillaechoes

Merdeka.com - Sebagian besar wanita mengalami masalah menstruasi yang tidak teratur. Ini biasanya terjadi ketika mereka memasuki tahap awal menstruasi dan masa menopause. Periode normal lazimnya berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan siklus menstruasi dapat bervariasi dari 28-30 hari.

Siklus menstruasi dapat diukur dari tanggal pertama periode pada bulan lalu sampai periode berikutnya. Namun, gaya hidup tidak sehat, merokok, minum alkohol, olahraga yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan menyebabkan menstruasi tidak teratur. Berikut adalah makanan sehat yang memperlancar siklus menstruasi, seperti dilansir Boldsky.

1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran hijau ini sangat efektif untuk memperlancar siklus menstruasi. Untuk mempertahankan siklus menstruasi yang teratur, sertakan brokoli dalam menu harian Anda.

2. Salmon

Makanan ini merupakan sumber makanan yang sangat kaya kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, salmon dapat meningkatkan dan menstabilkan hormon. Ini juga membantu menyingkirkan masalah menstruasi tidak teratur.

3. Sayuran berdaun hijau

Anda harus selalu menyertakan sayuran berdaun hijau yang sehat dan bergizi dalam menu harian Anda. Bayam, asparagus, dan brokoli merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi.

4. Ikan dan minyak ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan merkuri yang baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

5. Almond

Almon adalah jenis kacang yang sehat dan bergizi. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi , almond kaya akan serat dan protein yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

6. Biji wijen

Biji wijen dapat membantu Anda memperlancar siklus menstruasi. Namun, jangan mengonsumsi biji wijen secara berlebihan karena akan meningkatkan panas tubuh.

7. Yogurt

Yogurt adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan protein. Anda dapat mengonsumsi yogurt setiap hari untuk memperlancar siklus menstruasi.

8. Susu kedelai

Jika Anda memiliki intoleransi susu, Anda dapat menggantinya dengan susu kedelai. Selain bergizi, susu kedelai juga dapat membantu memperlancar menstruasi.

9. Telur

Telur rebus sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang dikandung telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Inilah sembilan makanan sehat yang dapat memperlancar siklus menstruasi Anda. Jika menstruasiAnda masih tidak teratur, segera berkonsultasi dengan dokter.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

LATEST UPDATE
  • KPK tak temukan Bupati Karawang dalam operasi penangkapan
  • KPK: Operasi di Karawang terkait dugaan korupsi perumahan
  • Operasi KPK dilakukan di rumah Bupati Karawang dan Mal
  • Kubu Prabowo harus bersikap kesatria & legowo bila Jokowi menang
  • KPK pastikan tangkap saudara Bupati Karawang dan pihak swasta
  • 10 Musisi top Indonesia ini dukung penuh Jokowi-JK
  • Ini 5 keutamaan hubungan seks untuk kesehatan mental
  • KPK sita ribuan dolar AS dalam penangkapan di Karawang
  • Putin ucap belasungkawa atas insiden Malaysia Airlines
  • KPK: Penangkapan 5 orang di Karawang tak terkait pilpres
  • SHOW MORE