8 Makanan untuk mata sehat

Reporter : Kun Sila Ananda | Selasa, 10 April 2012 11:11




8 Makanan untuk mata sehat
Ilustrasi bilberry yang bagus untuk mata. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Menjaga agar mata tetap sehat tidak selalu dengan mengunjungi dokter mata secara teratur, atau melakukan olahraga mata. Mengawasi makanan yang Anda konsumsi, dan memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata juga salah satu cara untuk menjaga mata Anda agar selalu sehat. Makanan apa saja yang bisa membantu meningkatkan daya penglihatan Anda, dan makanan apa yang tidak baik? The Lasik Directory menjabarkannya untuk Anda.


1. Alpukat

Alpukat seringkali diremehkan dan dijauhi karena dianggap membuat gemuk. Padahal mengkonsumsi alpukat dapat menekan kolesterol dan membantu memerangi penyakit lainnya. Alpukat mengandung banyak lutein dan kaya akan vitamin E. Alpukat juga bisa meningkatkan kadar karotenoid pada makanan lain. Mengkonsumsi alpukat dengan bayam dan wortel tentu bisa meningkatkan kadar nutrisi yang bisa menyehatkan mata Anda.


2. Telur

Telur, terutama kuning telur memberikan beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Makan satu telur setiap hari dapat meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah hingga 25 - 30%. Telur juga sumber vitamin A, B, dan seng.


3. Ikan salmon

Salmon seringkali disebut sebagai makanan otak. Padahal vitamin A, D, dan omega-3 yang dikandung oleh salmon tidak hanya bagus untuk otak, melainkan juga mata dan seluruh tubuh. Banyak ikan yang sejenis dengan salmon juga mengandung nutrisi yang baik untuk otak dan mata.


4. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dapat meningkatkan sistem imun, menyembuhkan demam, menurunkan kadar kolesterol jahat, bahkan menghilangkan parasit dalam tubuh. Tidak mengejutkan jika bawang putih juga bagus untuk kesehatan mata. Bawang putih dan bawang merah kaya akan sulfur yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutathione. Glutathione adalah antioksidan yang bagus untuk lensa mata. Bawang putih dan bawang merah juga bagus untuk memelihara kesehatan mata.


5. Sayuran hijau

Bayam, kale, sawi, brokoli, dan kubis adalah sayuran hijau. Sayur-sayuran itu mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folic acid, vitamin A, B12, vitamin C, kalsium, dan kaya akan karotenoid (terutama lutein dan zeaxathin). Ingat, sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu matang atau Anda akan kehilangan semua nutrisinya.


6. Buah-buahan berwarna kuning dan oranye

Wortel, adalah makanan klasik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Selain wortel, buah-buahan lain yang berwarna kuning dan oranye seperti labu, jeruk peras, dan ubi jalar juga mengandung vitamin A (beta caroten) yang baik untuk retina dan dapat melindungi mata Anda dari bahaya sinar matahari.


7. Coklat hitam, buah berry berwarna hitam, dan anggur merah

Coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat melindungi pembuluh darah di mata Anda. Segelas anggur merah setiap hari juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk untuk kesehatan mata, jantung, dan sirkulasi darah. Sementara buah beri hitam (bilberry) mengandung anthocyanosides yang menambah aliran darah pada mata.


8. Makanan yang harus dihindari

Untuk mencegah turunnya kemampuan penglihatan Anda, ada baiknya Anda menjauhi makanan dengan gula berlebih dan MSG. MSG mengandung neurotoxin yang bisa menyebabkan glaukoma.

[kun]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Tahun depan, menhub minta tambah anggaran Rp 27 triliun
  • Disiksa majikan, payudara PRT di Sunter dicakar
  • Depresi diputus pacar, Novella nekat lompat dari Jembatan Ampera
  • Kasus korupsi rel kereta, eks pegawai Kemenhub ditahan Polri
  • Tak hanya disiksa, PRT di Sunter dikasih makan tempe & nasi basi
  • Sesditjen Ketenagalistrikan kikuk disinggung soal anggaran
  • Kejagung segera panggil Gubernur Sulteng terkait rekening gendut
  • Habiskan Rp 22 M buat perjalanan dinas, Pemprov Jatim berkelit
  • KPK segera selidiki rekening mencurigakan Foke
  • Mulai tahun depan, sesi bikini bakal lenyap dari Miss World
  • SHOW MORE