8 Cara mengatasi alergi di kamar tidur

Reporter : Destriyana | Sabtu, 17 November 2012 10:30

8 Cara mengatasi alergi di kamar tidur
Ilustrasi alergi. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Marcel Paschertz

Merdeka.com - Sering bersin ketika berada di rumah? Itu bisa jadi pertanda alergi. Apa sih penyebab utama dari alergi? Kutu debu atau tungau! 92 persen dari penderita alergi mengatakan demikian. Alergi biasanya terjadi di beberapa ruangan, terutama kamar tidur. Gejala alergi biasanya meliputi bersin, batuk, hidung meler, dan sakit tenggorokan. Berikut adalah cara mengatasi alergi di kamar tidur.


1. Merapikan selimut dan tempat tidur setiap pagi

2. Pastikan kamar tidur Anda memiliki ventilasi yang baik dan bukalah sedikit agar udara bisa masuk.

3. Memilih jenis bantal dan kasur yang tidak menimbulkan alergi.

4. Mencuci tirai kamar dengan air panas setiap bulan. Tirai adalah media yang mudah ditempeli debu. Jadi, pastikan Anda selalu mencucinya minimal satu bulan sekali.

5. Menyaring debu dan alergen lainnya dengan memasang alat filterisasi debu. Dengan demikian, ruangan Anda terhindar dari debu yang menumpuk.

6. Cucilah mainan anak di dalam air panas atau dimasukkan ke freezer semalaman untuk menghancurkan alergen dan kemudian dicuci pada suhu yang direkomendasikan.

7. Karpet merupakan tempat favorit untuk tungau. Untuk itu, Anda bisa mengganti karpet dengan kayu atau permukaan keras lainnya.

8. Mencuci seprai dengan air panas setiap 14 hari. Seprai bisa menjadi pusat alergen yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Alergi bisa disebabkan oleh kondisi kamar tidur yang tidak bersih. Maka, pastikan Anda selalu membersihkan kamar tidur secara rutin.

[des]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE