7 Gejala 'mirip' kanker payudara

Reporter : Kun Sila Ananda | Rabu, 10 Oktober 2012 16:52




7 Gejala 'mirip' kanker payudara
Ilustrasi pemeriksaan kanker payudara. ©Merdeka.com

Merdeka.com - Banyaknya kasus kanker payudara yang bermunculan membuat wanita semakin waspada terhadap kemunculan gejala penyakit ini. Meski begitu, terdapat beberapa gejala 'mirip' kanker payudara yang menjadi pertanda penyakit lain. Dr Jennifer Ashton, melalui The Stir (09/10) menjabarkan beberapa tanda pada payudara yang bukan merupakan gejala kanker.

1. Rasa sakit pada payudara
Malgia, atau rasa sakit pada payudara seringkali membuat wanita cemas. Biasanya ini terjadi dua minggu sebelum menstruasi pada bagian luar dan sebagian payudara, serta terjadi pada kedua payudara. Jika rasa sakit ini tidak permanen (kadang terasa dan kadang tidak) serta tidak berkaitan dengan benjolan apapun, maka ini bukan termasuk gejala kanker. Dr Ashton mengatakan bahwa kafein, hormon stres, dan reproduktif bisa menyebabkan rasa sakit ini.

2. Kista jinak
Kista jinak dalam payudara terkadang membentuk benjolan. Ini juga disebut sebagai fibroadenoma. Kista ini bisa membesar dan perlu diangkat dengan operasi. Kista ini memiliki tekstur yang halus dan teratur ketika terlihat dalam USG. Kabar baiknya, ini bukan kanker. Namun Anda tetap harus memeriksakannya ke dokter.

3. Ruam pada payudara
Kulit yang gatal dan ruam-ruam pada payudara bisa jadi salah satu gejala kanker. Namun, ruam dan rasa gatal belum tentu pertanda kanker. Jika ruam dan gatal terjadi pada dua payudara, maka ini hanya ruam biasa. Perhatikan ruam selama dua minggu. Ruam biasa akan tetap atau hilang dengan sendirinya. Namun ruam yang disebabkan kanker akan semakin memburuk dan parah.

4. Cairan kental, lengket, dan berwarna aneh dari payudara
Tak semua cairan aneh yang keluar dari payudara adalah pertanda kanker. Bisa jadi, Anda sedang mengalami ecstasia saluran susu. Ini bisa terjadi ketika saluran susu melebar dan menebal, serta dipenuhi cairan. Meski bukan kanker, sebaiknya segera periksakan ke dokter ketika Anda mengalami hal ini.

5. Hasil mammogram yang aneh
Hasil mammogram yang terkadang terlihat miring atau gagal seringkali membuat wanita panik. Namun, Anda tak perlu khawatir. Hal ini biasa terjadi karena faktor usia atau payudara yang padat. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan pemeriksaan lain selain mammogram, yaitu ultrasound. Cara ini tidak menyakitkan, lebih cepat dan tak mahal, serta tak mengakibatkan radiasi.

6. Puting berdarah
Puting berdarah memang hal yang menakutkan, dan harus segera diperiksakan pada dokter. Namun ini belum tentu gejala kanker. Puting berdarah bisa disebabkan oleh intaductal papiloma, sebuah kutil kecil yang tumbuh di dekat puting dan mengakibatkan pendarahan. Ini bisa terjadi pada wanita berusia 40-an. Untuk memastikan bukan gejala kanker, Anda harus melakukan pemeriksaan ultrasound, atau bahkan rontgen sinar X.

7. Payudara yang memerah dan hangat
Pertanda ini biasa terjadi pada wanita yang sedang menyusui dan mengalami infeksi payudara akibat bakteri Staphylococcus aureus. Untuk mengetahuinya sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa tanda 'mirip' kanker yang bukan termasuk gejala kanker. Ketika mengalami gejala di atas, sebaiknya jangan langsung panik. Segera periksakan diri Anda ke dokter, karena bisa jadi ini adalah pertanda penyakit lain.

[kun]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Jelang buka, Abraham Samad bagi-bagi takjil di depan gedung KPK
  • Redakan rasa cemas dengan 6 langkah ini!
  • RSUP Sanglah didatangi 17 keluarga modus kecelakaan
  • Kisah nazar sembelih anak & 100 unta Abdul Muthalib
  • BNI catat laba semester I Rp 4,94 T, tumbuh 15 persen
  • Sidak ke Stasiun Senen, SBY disalami dan diajak foto bareng
  • Selisih 8 juta suara, kubu Jokowi tak khawatir gugatan Prabowo
  • H-4 Lebaran, seluruh pintu tol Cikampek khusus kendaraan keluar
  • Di markas PKS, Prabowo-Hatta cek data real count pilpres
  • Salurkan kredit Rp 485 T, laba Bank Mandiri triwulan II Rp 9,6 T
  • SHOW MORE