5 Penyebab stroke pada wanita

Reporter : Kun Sila Ananda | Jumat, 13 April 2012 08:34




5 Penyebab stroke pada wanita
Ilustrasi daging olahan. merdeka.com/dok

Merdeka.com - Setiap tahun, hampir setengah juta wanita di Amerika mengalami stroke. Serangannya selalu datang mendadak dan bisa jadi mematikan. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena stroke pada wanita. Mengetahuinya akan membantu Anda untuk waspada agar tidak terkena stroke. Apa saja hal-hal yang bisa meningkatkan risiko stroke? Thirdage.com akan menjabarkannya untuk Anda.


1. Migrain

Jika sakit kepala ini disertai dengan ilusi penglihatan seperti cahaya yang memancar atau berkedip, maka risiko Anda terkena stroke bisa meningkat hingga 21%. Walaupun kepastian hubungan antara stroke dan migrain masih belum dimengerti, namun keduanya sama-sama terkait dengan pembuluh darah di otak. Tanyakan pada dokter Anda bagaimana cara mencegah migrain atau mengobatinya, dengan begitu Anda juga bisa menurunkan risiko terkena stroke.


2. Mengonsumsi daging olahan

Jika diet Anda termasuk mengonsumsi daging olahan, seperti sosis, daging asap, ham, dan hot dog, risiko Anda terkena stroke meningkat hingga 23%. Peneliti menyatakan bahwa sodium yang ada pada daging bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kekakuan pembuluh darah. Pengawet nitrat juga dapat menyebabkan risiko stroke meningkat.


3. Diabetes

Orang dengan penyakit diabetes tipe-2, dua hingga tiga kali lebih rentan terkena stroke. Risikonya juga bisa bertambah besar jika Anda merokok atau memiliki hiperglikemia atau fibrilasi atrium. Stroke juga bisa lebih parah dan lebih bisa mengakibatkan kematian pada penderita diabetes. Mengonsumsi obat untuk mengurangi kolesterol bisa membantu mengurangi risiko stroke. Begitu juga dengan mencegah diabetes dengan selalu aktif dan menjaga berat badan.


4. Kurang aktivitas

Kemalasan dan kurangnya aktivitas juga dapat meningkatkan risiko terkena stroke. Jika Anda membiasakan diri untuk berolahraga, maka risiko Anda terkena stroke ringan akan berkurang hingga 20% dan risiko terkena stroke berat akan berkurang hingga 30%. Orang yang jarang beraktivitas dan berolahraga biasanya lebih rentan terkena stroke dan lebih susah untuk kembali pulih dari stroke.


5. Alkohol

Berdasarkan penelitian di "Annals of Internal Medicine", jika Anda mengonsumsi alkohol sebanyak tiga kali atau lebih dalam sehari, risiko terkena stroke akan bertambah hingga 45%. Risiko terkena stroke juga bertambah sangat pesat selama satu jam setelah Anda mengonsumsi minuman beralkohol. Jika Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan minum Anda, maka menguranginya bisa jadi solusi untuk mengurangi risiko terkena stroke.

Itulah hal-hal yang dapat menambah risiko stroke pada wanita. Selalu berhati-hatilah pada apa yang Anda konsumsi dan Anda lakukan. Karena stroke di kemudian hari bisa disebabkan oleh hal-hal yang Anda lakukan sekarang.

[kun]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER

LATEST UPDATE
  • India punya pembaca berita transgender pertama
  • Main domino di kelas, 11 siswa SMK Pariwisata dihukum push up
  • Ketua DPRD DKI: Bukan hak FPI melarang pelantikan Ahok
  • Menpan ingin satukan semua inspektorat jenderal
  • Toko roti di Radio Dalam kebakaran, 1 karyawan dilarikan ke RS
  • Puan ingin Ketum PDIP dari trah Soekarno, Jokowi tak setuju
  • Jokowi akan ajak menterinya blusukan lihat kondisi rakyat
  • 3 Pedagang kedapatan jual ikan & bakso berformalin di Koja
  • Pria ini keliling kota dengan kostum ketat untuk picu perdebatan
  • Fisikawan ramai-ramai tolak penemuan astronomi terbesar abad ini
  • SHOW MORE