5 Hal yang harus dijauhi wanita hamil

Reporter : Kun Sila Ananda | Minggu, 19 Agustus 2012 12:08




5 Hal yang harus dijauhi wanita hamil
Ilustrasi makan sewaktu hamil. ©Shutterstock.com/wavebreakmedia ltd

Merdeka.com - Memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan, menjaga kesehatan, dan rajin olahraga adalah hal yang harus dilakukan oleh wanita saat hamil. Namun itu saja tak cukup. Wanita hamil juga harus menjauhi beberapa hal yang bisa membahayakan kandungan mereka. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dilansir oleh Times of India (15/08).

1. Beberapa jenis ikan
Ikan adalah sumber omega-3, asam lemak, protein, dan vitamin B yang sangat penting bagi ibu dan bayi. Namun sayangnya, ikan juga bisa mengandung merkuri, zat kimia yang dihasilkan oleh industri. Mengonsumsi terlalu banyak merkuri bisa menyebabkan masalah saraf. Wanita hamil dan menyusui harus menghindari zat kimia ini.

2. Pestisida
Pestisida yang terkandung dalam obat nyamuk dan sering digunakan di rumah memang melindungi keluarga dari serangga-serangga nakal. Tapi hati-hati, menghirup zat kimia yang terkandung di dalam obat nyamuk saat menyemprot juga bisa berbahaya bagi kandungan. Sebaiknya jangan gunakan obat nyamuk atau pestisida saat masa tiga bulan pertama kehamilan. Hindari juga konsumsi buah-buahan yang bisa jadi mengandung pestisida. Buah-buah yang sering terkena pestisida antara lain apel, seledri, stroberi, peach, kentang, dan selada.

3. Plastik
Plastik terbuat dari phthalates dan bisphenol A (BPA) Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak kontak dengan bahan kimia ini bisa berbahaya bagi kandungan. Faktanya, terlalu banyak paparan zat kimia BPA bisa menyebabkan masalah perilaku pada anak. Bahan kimia ini juga biasanya digunakan pada produk mainan anak. Untuk membantu Anda memilih mainan anak yang aman, cari tanda segitiga daur ulang pada mainan. Selain itu, sebaiknya ganti botol plastik Anda dengan botol dari alumunium atau besi.

4. Makanan kaleng
Wanita hamil harus mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang dijual secara kalengan. Kebanyakan makanan kalengan juga mengandung epoxy resin dan BPA. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 92 persen makanan kaleng mengandung zat kimia BPA.

5. Hindari pengharum dalam produk
Secara tak sadar, kita sering menggunakan banyak pengharum dalam produk yang kita gunakan. Misalkan sampo, pengharum ruangan, dan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa pengharum mengandung alergen yang bisa mengganggu hormon dalam tubuh. Lebih baik pilih produk yang tak mengandung pengharum atau bahan kimia yang lebih sedikit.

Itulah lima hal berbahaya yang harus dihindari oleh ibu hamil. Terlalu banyak berdekatan dengan lima hal di atas bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

[kun]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER

LATEST UPDATE
  • Gudang teknisi Kementerian ESDM terbakar, puluhan karyawan panik
  • Dewi Perssik diancam 6 tahun penjara, polisi selidiki Zion Putra
  • Sampah di Pasar Rakyat Rakernas PDIP dikeluhkan pengunjung
  • Romo Benny: Parpol tak punya ideologi, cuma kepentingan politik
  • Redam konflik PPP, Romi batal polisikan Sekjen PPP versi SDA
  • 'AVENGERS 2' akan menjadi super spesial bagi Stan Lee
  • Gudang Kementerian ESDM yang terbakar berisi barang elektronik
  • PPP: Khusus PDIP, kami punya hubungan historis cukup panjang
  • Dilarang main Internet dan ponsel, remaja India coba tikam ibu
  • 4 Cara bikin hidangan daging lebih sehat
  • SHOW MORE