Merdeka.com tersedia di Google Play


10 Makanan yang bikin perut kembung saat hamil

Reporter : Destriyana | Rabu, 13 Maret 2013 21:32


10 Makanan yang bikin perut kembung saat hamil
Ilustrasi kubis. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/JIANG HONGYAN

Merdeka.com - Masalah lambung adalah sesuatu yang sering kita alami, baik itu pada bayi yang baru lahir ataupun pada orang dewasa. Ada banyak makanan yang dapat menyebabkan masalah lambung. Bahkan, kebiasaan makan yang tidak tepat seperti menelan udara saat mengunyah dapat menyebabkan masalah lambung. Beberapa jenis makanan juga ditengarai dapat memicu gas ketika dikonsumsi selama kehamilan. Tak jarang, sebagian ibu yang menyusui menderita masalah lambung karena makanan ini. Berikut adalah 10 makanan yang bikin perut kembung saat hamil, seperti dilansir Boldsky.

1. Apel

Meskipun apel efektif dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, buah ini juga mengandung pektin (karbohidrat) yang dapat memicu gas.

2. Kubis

Bagi kebanyakan wanita hamil, kubis merupakan salah satu makanan pemicu gas. Sayuran ini juga dianggap sebagai sayuran dapat memperlambat pencernaan dan juga menyebabkan rasa mulas.

3. Kacang

Kacang juga dianggap sebagai makanan penghasil gas karena mengandung raffinose. Namun, kacang-kacangan adalah makanan yang sehat dan bergizi sehingga, wanita hamil disarankan untuk mencoba mengonsumsinya dalam jumlah terbatas. Rendam kacang selama 8 jam dan cuci secara menyeluruh untuk mengurangi gas.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng sangat sulit untuk dicerna. Itulah sebabnya makanan yang digoreng dan berlemak, seperti daging atau kentang goreng, harus dihindari terutama selama kehamilan untuk menghindari masalah lambung.

5. Lobak

Untuk kebanyakan wanita hamil, lobak dapat memicu gas yang berbau. Selain lobak, bawang dan paprika hijau juga menyebabkan kembung dan gas selama kehamilan.

6. Minuman ringan

Minuman berkarbonasi, seperti minuman dingin, menyebabkan kembung dan masalah lambung. Udara yang tidak diinginkan dapat memasuki saluran pencernaan sehingga memicu masalah lambung.

7. Kentang

Kentang dipenuhi dengan pati. Hal ini dapat memperlambat pencernaan dan membuat bakteri dalam usus (usus besar) memecah makanan yang tercerna sehingga menyebabkan gas.

8. Keju

Ibu hamil harus menghindari keju. Ini tidak hanya menyebabkan gas tetapi juga mengandung bakteri yang bisa berbahaya bagi janin.

9. Jagung

Sangat sedikit orang yang dapat mencerna biji jagung dengan mudah. Mengonsumsi jagung juga dapat menyebabkan perut kembung atau nyeri perut.

10. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang kaya akan air yang juga dapat menyebabkan gas. Mentimun juga menyebabkan kita sering bersendawa. Wanita hamil harus menghindari makan ketimun, jika makanan itu menyebabkan masalah lambung.

Inilah makanan yang dapat memicu gas dalam perut saat kehamilan. Akibatnya, perut jadi terasa mulas dan kembung. Sebaiknya, hindari makanan ini ketika Anda hamil.

[des]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Ibu Hamil, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Ibu Hamil.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Gempa 5,6 SR guncang Gunung Kidul
  • Sekjen baru sebut pergantian posisi buat PPP makin solid
  • Romi nilai kisruh PPP hanya mal administrasi
  • Hendak teror turis Israel, Thailand tangkap anggota Hizbullah
  • Mengintip pesona Kota Palu, dari bukit hingga pantai
  • Ada tanda tangan SDA, surat pemecatan 4 DPW PPP dianggap sah
  • Susah tidur? Lakukan 5 cara mudah ini!
  • Romi: Koalisi dengan Gerindra masih bisa dievaluasi
  • Jumat Agung, Merak dipadati mobil dan sepeda motor
  • Ini cerita napi LP Pemuda Tangerang yang terlibat bentrok
  • SHOW MORE