Surat suara siluman beredar di Jateng, dua caleg 'hilang'

Reporter : Parwito | Selasa, 21 Januari 2014 05:28




Surat suara siluman beredar di Jateng, dua caleg 'hilang'
Surat suara Pilgub Jatim. ©2013 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Pemilu Legislatif (Pileg) masih akan dilaksanakan 3 bulan lagi. Namun, saat ini sudah beredar surat suara siluman di Daerah Pemilihan (Dapil) I Jawa Tengah, yang terdiri dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga.

Di surat suara siluman itu ada beberapa Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI yang namanya tidak tercantum dalam surat suara, seperti Ricky Ananta, ST (nomor urut 10) dan Maesur Salim (nomor urut 11) yang berasal dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Merasa dirugikan namanya tidak ada, Ricky Ananta akhirnya mengadukan permasalahan tersebut ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah untuk mencari keadilan atas permasalahan tersebut.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo saat dikonfirmasi merdeka.com, membenarkan ikhwal adanya pengaduan tersebut.

Memang benar, kami di Bawaslu Jateng beberapa hari yang lalu kedatangan seseorang yang bernama Ricky Ananta yang mengaku namanya tidak ada dalam surat suara yang dibawanya, dan yang bersangkutan berharap Bawaslu Jateng dapat menelusuri dan melakukan penyelesaian terhadap hal tersebut, tegasnya.

Teguh membeberkan, menindaklanjuti aduan tersebut, pihaknya telah melakukan pemeriksaan yang bersangkutan, termasuk juga memeriksa Kasmun Saparaus, Ketua Bappilu PKPI Jawa Tengah yang menurut keterangan Ricky Ananta sebagai orang yang mengetahui atau memberikan surat suara tersebut kepadanya.

Topik pilihan: pilpres | Capres 2014


Dari hasil pemeriksaan terhadap Ketua Bappilu PKPI Jawa Tengah Kasmun Saparaus terungkap bahwa yang bersangkutan mendapatkan surat suara tersebut dari seseorang yang meyakinkan bahwa surat suara tersebut sama dengan yang diproduksi KPU dalam Pemilu 2014, karena ada logo KPU nya maupun logo Pemilu 2014. Kasmun mendapatkan surat suara tersebut dari membeli 1 lembar seharga Rp.3000, tandas Teguh.

Teguh juga mengutip keterangan Kasmun bahwa semakin banyak pihaknya membeli surat suara tersebut, maka harganya akan lebih murah. Surat suara tersebut diduga telah banyak menyebar di wilayah Daerah Pemilihan 1.

Bawaslu Jateng, tambah Teguh, juga akan melakukan klarifikasi terhadap KPU Provinsi Jawa Tengah atas hilangnya 2 nama Caleg DPRD Jateng dan adanya penyebaran surat suara yang menggunakan logo KPU dan logo Pemilu 2014.

Selasa siang (hari ini), kami akan mengklarifikasi KPU Provinsi Jawa Tengah atas permasalahan hilangnya dua nama caleg tersebut dalam surat suara dan apakah surat suara yang beredar tersebut merupakan produk KPU atau bukan, tandas Teguh.

Di sisi lain, Bawaslu Jateng juga ingin mengetahui, apakah peredaran surat suara tersebut berlatar belakang ekonomi dalam artian hanya karena ada orang atau percetakan yang akan jualan produk tetapi ceroboh tidak memasukkan nama caleg tertentu atau ada motif politik tertentu.

Baca juga:
Selain korupsi, isu poligami juga dinilai gerogoti suara PKS
TNI terjunkan Kopassus dan Marinir amankan Pemilu
BPK: Jelang pemilu, dana bansos rawan diselewengkan politikus
NasDem minta MK tolak gugatan Yusril soal pelaksanaan Pilpres
Gaet dukungan, caleg ini bagi telur ke rumah-rumah warga di Riau

[ren]

KUMPULAN BERITA
# Pemilu 2014

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Keunikan pantai batu hitam Koh Hingham yang disertai kutukan
  • Galaknya Menteri Susi Pudjiastuti, berani lawan negara asing
  • Kado pemerintahan Jokowi, harga BBM naik tahun ini
  • 4 Keunikan menteri Susi, beda dengan lainnya
  • Nekat korupsi, menteri sampai jenderal di China ini dihukum mati
  • Bocah ini mirip banget dengan David Beckham saat muda
  • Kontrol rasa lapar dengan 5 makanan enak ini!
  • Cerita Ervani, masuk bui karena bela suami di Facebook
  • Mourinho akui tak layak menang Ballon d'Or
  • Dari Jokowi hingga ketua MK komentari DPR tandingan
  • SHOW MORE