Merdeka.com tersedia di Google Play


Sebelum tarung, 4 pasangan calon Pilgub Jatim deklarasi damai

Reporter : Moch. Andriansyah | Minggu, 11 Agustus 2013 13:53


Sebelum tarung, 4 pasangan calon Pilgub Jatim deklarasi damai
4 Pasangan Pilgub Jatim. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Di hadapan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Unggung Cahyono, empat pasangan calon Cagub-Cawagub periode 2014-2019 menandatangani deklarasi kesepakatan damai Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013, yang digelar 29 Agustus depan.

Setidaknya ada lima poin yang wajib dipatuhi oleh masing-masing pasangan calon, baik ketika pilgub digelar maupun sesudahnya. Empat pasangan itu adalah nomor urut pertama Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa), pasangan nomor urut dua Eggi Sudjana-M Sihat (Beres), pasangan nomor urut tiga Bambang DH-Said Abdullah dan pasangan nomor urut empat Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (BerKah).

Di hadapan Kapolda Jatim, Ketua MUI, Ketua PWNU, Ketua Bawaslu, Ketua KPU Jawa Timur, sejumlah politikus, akademisi, tokoh-tokoh agama dan masyarakat, empat pasangan peserta Pilgub Jawa Timur berjanji dan siap mentaati lima poin kesepakatan damai.

Lima poin itu melaksanakan Pilgub Jawa Timur 2013 secara jujur, adil, santun dan bermartabat. Poin kedua berisi tentang kesanggupan masing-masing pasangan untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau SARA.

Selanjutnya poin ketiga, bersama polisi dan aparat TNI, masing-masing pasangan calon siap menjaga Kamtibmas yang kondusif, aman damai serta dapat mengendalikan massa pendukungnya masing-masing dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat hukum sesuai undang-undang.

Poin keempat, masing-masing pasangan calon dapat menerima hasil pleno penyelenggara Pilgub sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dan yang terakhir, masing-masing pasangan harus siap dipilih, dan siap untuk tidak dipilih serta mendukung pasangan terpilih sebagai gubernur dan wakilnya melalui proses pemilihan yang demokratis dan transparan.

"Hari ini, masing-masing paslon (pasangan calon) menandatangani deklarasi kesepakatan damai di Pilkada Jatim. Mereka harus siap dipilih dan siap untuk tidak dipilih. Penandatangan yang kita gelar di Gedung Mahameru itu dilakukan di hadapan Ketua KPU, ada Ketua Bawaslu, ada tokoh-tokoh agama dan masyarakat juga hadir," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Unggung Cahyono, Surabaya, Minggu (11/8).

Usai deklarasi kesepakatan damai masing-masing pasangan calon, kata Unggung, pada hari Senin besok (12/8) seluruh pasukannya akan disebar di 38 kabupaten kota untuk mulai melakukan pengamanan Pilgub Jawa Timur 2013.

"Hari ini kita sudah melakukan apel gelar pasukan, dan besok (12/8) kita sudah melakukan pengamanan masa kampanye pilgub," ungkap dia.

Jendral Polisi bintang dua ini juga mengatakan, pihaknya tidak segan-segan menindak siapa saja yang ingin membuat suasana kondusif di Jawa Timur menjadi rusuh selama pelaksanaan pilgub.

"Kami siap menindak tegas bagi siapa saja yang ingin membuat onar di Jawa Timur," tegas dia.

[cob]

KUMPULAN BERITA
# Pilgub Jatim

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Pilgub Jatim, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Pilgub Jatim.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Ulama Palestina: Israel lempar granat ke dalam Masjid Al-Aqsa
  • Di Mataram, caleg almarhum dapat 245 suara
  • Seorang Caleg Nasdem diusir dari rapat pleno KPU Jambi
  • Kejutan Besar Menantimu di The Amazing Spider-Man 2
  • Kabur dari lapas, Ahmad panjat tembok 3 meter lalu naik ojek
  • Pemprov DKI tetap akan tutup pintu masuk Plaza Semanggi
  • Kasasi ditolak MA, Nikita harus jalani sisa hukuman
  • Tolak sistem outsourcing, ribuan buruh ancam duduki PLN Lampung
  • BI minta pemerintah serius jaga harga pangan
  • Pemegang saham pengendali cuek sampai Bank Century ambruk
  • SHOW MORE