PKB optimistis usung Cagub di Pilgub Jatim tanpa koalisi

Reporter : Moch. Andriansyah | Rabu, 6 Maret 2013 19:36




PKB optimistis usung Cagub di Pilgub Jatim tanpa koalisi
PKB. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Meski hanya memiliki 13 kursi di DPRD Jawa Timur, DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur cukup yakin bisa mengusung calonnya sendiri di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Dengan begitu, PKB tak perlu berkoalisi dengan Parpol penguasa kursi di parlemen.

Optimisme partai di bawah komando Muhaimin Iskandar ini, karena PKB akan menggandeng beberapa Parpol non kursi yang belum menyatakan dukungannya untuk pasangan calon incumbent, Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

Seperti diketahui, PKB memiliki 1.996.129 atau 12,26 persen suara sah pada Pileg 2009 lalu atau setara dengan 13 kursi di DPRD Jawa Timur. Sedangkan untuk memenuhi prasyarat mengusung calon sendiri di Pilgub Jawa Timur, setiap partai wajib memiliki, minimal 15 persen suara sah.

Nah, untuk mencapai angka tersebut, partai yang didirikan mendiang Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid) ini, membutuhkan 2 persen suara sah. Dan itu bisa didapatkan dari Parpol non kursi, sehingga tak begitu khawatir jika ditolak berkoalisi dengan Parpol pemilik kursi di DPRD Jawa Timur.

Ketua DPW PKB Jawa Timur, A Halim Iskandar mengatakan, meski hanya memiliki 13 kursi, PKB mampu mengusung calon sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain di parlemen.

"Dengan begitu, PKB tidak perlu harus berkeringat untuk mencari Cagub dan Cawagub nanti. Artinya, dengan menggandeng sejumlah parpol non kursi, yang akumulasi suaranya mencapai sekitar 3 persen, maka PKB siap berkompetisi di Pilgub Jatim mendatang," kata dia optimis, Rabu (6/3).

Bahkan, Halim Iskandar juga mengatakan, kalau pihaknya telah mengantongi tiga Parpol non kursi yang siap merapat ke PKB. "Yang pasti saya sudah memiliki 3 persen suara dari partai non parlemen untuk memenuhi syarat 15 persen suara sah, agar bisa mengusung pasangan cagub dan cawagub sendiri. Dengan begitu, PKB tidak perlu berkoalisi dengan Parpol lain di parlemen," beber pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jawa Timur tersebut.

Sayangnya, ketika diminta menyebutkan parpol non parlemen apa saja yang akan digandeng PKB, Halim enggan menjelaskan. Alasannya, saat ini, pihaknya masih melakukan konsolidasi untuk menyamakan visi dan misi mengusung pasangan Cagub dan Cawagub dalam Pilgub Jawa Timur yang akan digelar pada 29 Agustus mendatang.

Sekadar tahu, dari 26 Parpol non kursi, 23 partai sudah menyatakan dukungannya untuk KarSa jilid II. Kini tinggal tersisa tiga Parpol, yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Patriot dan Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI) Jawa Timur.

PBB Jawa Timur sendiri, pada Pileg 2009 lalu, memiliki 217 ribu suara atau setara dengan 1,34 persen dari total suara sah, Partai Patriot 161 ribu suara atau setara 0,34 persen, dan PPNUI memiliki 39 ribu suara atau setara 0,24 persen.

Dan jika jumlah suara ketiga Parpol ini digabung, total hanya mencapai 1,92 persen suara. Artinya, kalau dijumlah dengan suara PKB, jumlah suara itu hanya mencapai 14,18 persen suara saja. Maka jumlah itu belum mencukupi prasyarat mengusung calon sendiri.

Namun, jumlah ini tidak menjadikannya khawatir tidak sanggup memenuhi 15 persen dan Halim Iskandar masih tetap merahasikan Parpol yang akan digandengnya. "Kami sangat optimis bisa memenuhi prasyarat itu," elak dia lagi.

Di sisi lain, kata dia, dengan mengusung pasangan calon sendiri, PKB juga tidak akan
kebingungan melakukan sosialisasi ke masyarakat. "Bisa saja kami melakukan sosialisasi saat mendekati pendaftaran Pilgub Jatim ke KPU pada 13 Mei nanti," kata kakak kandung Muhaimin Iskandar ini, kembali berdalih.

Hanya saja, Halim tetap meyakinkan masyarakat, kalau PKB tetap akan mengusung Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa sebagai Cagub Jawa Timur, meski Dewan Syuro PKB menolak memberi dukungan dan lebih memilih KarSa untuk kembali memimpin Jawa Timur. "Meski ada perbedaan, kami masih tetap berkomunikasi hingga ada titik temu yaitu mendukung salah satu calon saja," tandas politisi asli Jombang tersebut.

[did]

KUMPULAN BERITA
# Pilgub Jatim# PKB

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Tabrak pemotor, sopir dipukuli dan dibakar bersama truknya
  • Arus mudik Lebaran, jalur Nagreg menuju Garut padat merayap
  • Mudik tahun ini, pengguna kendaraan pribadi naik dua kali lipat
  • Hari kedua Lebaran, Pantai Karnaval Ancol diserbu warga
  • Dapat remisi Lebaran, 7 napi di Lapas Sukabumi bebas
  • Sekuriti di Monas terpaksa rayakan Lebaran dengan berutang
  • 7 Manfaat air Zamzam
  • Film apa yang bakal laris lebaran ini? simak di sini!
  • Messi masih jadi target buruan petugas pajak
  • Lebaran, sekuriti di Monas belum terima gaji dan THR
  • SHOW MORE