Presiden Kirim 20 Nama Calon Dubes RI ke DPR

Sumber : | Jumat, 24 Juni 2005 20:30




Presiden Kirim 20 Nama Calon Dubes RI ke DPR
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengirimkan daftar 20 nama calon Duta Besar Indonesia kepada DPR-RI, termasuk Marty Natalegawa (Jubir Deplu) untuk Inggris dan Hamzah Thayeb menggantikan Dubes RI untuk Australia dan Vanuatu, Imron Cotan, untuk dimintai persetujuan DPR.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Deplu-RI, Yuri Oktavian Thamrin, dalam `press briefing` di Jakarta, Jumat.

Yuri mengatakan menurut rencana kedua puluh calon Dubes RI itu akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh DPR-RI pada 4-5 Juli mendatang.

Mereka diharapkan dapat mengisi 20 posisi Dubes yang telah dan akan kosong.

Jika lulus tes, Dr.R. Mochammad Marty Muliana Natalegawa, M.Phil, Bsc, akan mengisi posisi Duta Besar Indonesia untuk Inggris merangkap Irlandia yang tengah kosong karena Dubes sebelumnya, Prof. Dr. Juwono Sudarsono, telah mengakhiri tugasnya pada 12 November 2004 dan menjadi Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Sementara itu, Drs. Teuku Mohammad Hamzah Thayeb, yang saat ini menjabat Direktur Asia Timur dan Pasifik-Deplu RI, disiapkan untuk menggantikan Dubes Imron Cotan, yang akan mengakhiri masa tugasnya di Canberra pada 30 September 2005.

Dalam kesempatan itu, Yuri sekaligus menyatakan bahwa penarikan Dubes Imron Cotan murni karena adanya mutasi rutin di lingkungan Deplu.

Sebelumnya beberapa waku lalu muncul spekulasi di media Australia bahwa Imron Cotan dianggap kurang bersahabat dengan Australia sehingga Dubes yang baru menjalankan setengah dari masa jabatan tiga tahun itu ditarik.

Hal itu dibantah keras oleh Jubir Presiden, Dino Patti Djalal, yang saat itu mengatakan bahwa Imron ditarik justru akan mendapatkan promosi karena dianggap memiliki kemampuan dan kinerja yang memuaskan.

Menurut Yuri Thamrin, penarikan Duta Besar RI sebelum masa tugas yang bersangkutan berakhir adalah sesuatu yang biasa terjadi di lingkungan Deplu.

"Sebenarnya cukup banyak Dubes kita yang ditarik sebelum masa jabatan mereka selesai karena adanya kebutuhan yang mendesak untuk menggunakan kemampuan mereka," katanya.

Diplomat

Yuri mengungkapkan, tidak semua calon Dubes yang diajukan ke DPR berasal dari lingkungan Deplu.

"Tidak semuanya diplomat, ada yang bukan diplomat," ujarnya.

Ia memberi contoh, calon Dubes Cina, Filipina, dan Arab Saudi, adalah mereka yang bukan berasal dari Deplu.

Yuri mengungkapkan calon Dubes untuk Cina adalah Mayjen TNI (Purn) Sudradjat, MPA, (mantan Dirjen Strategi Pertahanan-Dephan), calon Dubes untuk Filipina dan Republik Marshall Islands, Prof. Dr. Irsan Tanjung (fungsionaris Partai Demokrat) dan untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman adalah Dr. Salim Segaf Al-Jufrie (fungsionaris Partai Keadilan Sejahtera).

Yuri tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang calon-calon Dubes lainnya.

Namun demikian, menurut informasi yang didapat dari berbagai sumber, Sudrajat, Irsan, dan Salim, masing-masing diproyeksikan akan menggantikan Laksda TNI (Purn) Aa Kustia, SE (masa tugas berakhir 31 Juli 2005), Laksamana Madya (Purn) Soeratmin (berakhir 31 Januari 2005), dan Muhammad Maftuh Basyuni (berakhir 12 Desember 2004 dan saat ini menjabat sebagai Menteri Agama).

Informasi yang dikumpulkan juga menyebutkan bahwa pos-pos Dubes yang telah disiapkan calon-calonnya adalah, untuk Amerika Serikat, berkedudukan di Washington, Drs. Sudjadnan Parnohadiningrat (Sekjen Deplu) menggantikan Drs. Soemadi D.M. Brotodiningrat (masa jabatan berakhir 31 Agustus 2005).

Untuk Perancis, di Paris, Arizal Effendi, SH, MA (Dirjen Amerika dan Eropa-Deplu) menggantikan Drs. Adian Silalahi (berakhir 31 Juli 2004), untuk Kanada, di Ottawa, Djoko Hardono, SH (Dirjen Protokol dan Konsuler-Deplu) menggantikan Eki Syachruddin, SE (berakhir 1 November 2004).

Selain itu untuk Brunei Darussalam, di Bandar Seri Begawan, Drs. Herijanto Soeprapto (Dirjen Asia, Pasifik, Afrika-Deplu) menggantikan Drs. Yusbar Djamil (berakhir 31 Juli 2005), untuk Afrika Selatan, Kerajaan Lesotho dan Kerajaan Swaziland, di Pretoria, Triyono Wibowo, SH (Staf Ahli Menlu Bidang Manajemen Departemen) menggantikan Abdul Nasier, SH. LLM (berakhir 30 September 2005), untuk Fiji, di Suva: Drs. F.X. Bambang Guritno, MIA (Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN-Deplu) menggantikan Albert Matondang, SH (berakhir 28 Februari 2005).

Calon lain adalah untuk Austria dan Slovania, di Wina, Drs. Soegeng Rahardjo (Direktur Mitra Wicara dan Antara Kawasan ASEAN-Deplu) menggantikan Drs. T.A Samodra Sriwidjaja (berakhir 30 September 2005), untuk Kerajaan Maroko, di Rabat, Sjachwien Adenan, SH (Wakil Kepala Perwakilan RI di Riyadh) menggantikan Drs. Soekamto Wienardi (berakhir 31 Desember 2004), untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Lichtenstein, di Bern, Dra. Lucia Helwinda Rustam (Wakil Kepala Perwakilan RI di Paris) menggantikan Drs. M. Indro Yudono (berakhir 31 Januari 2005).

Calon lainnya adalah untuk Peru, Bolivia dan Ekuador, di Lima, I Gde Djelantik (Wakil Kepala Perwakilan RI di Berlin) menggantikan Drs. I. Gusti Ngurah Swetja, MA (berakhir 31 Juli 2005), untuk Ethiopia, Somalia dan Djibouti, di Addis Ababa: Drs. Deddy Sudarman (Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo) menggantikan Alwis Azizat Murad, SH (berakhir 31 Juli 2005), untuk Afghanistan, di Kabul, Bachrun Subardjo, SH (Wakil Kepala Perwakilan RI di Bandar Seri Begawan) menggantikan Alwi Anas (berakhir 27 Mei 1999).

Selain itu, untuk Laos, di Vientiane, Drs. Sutjiptorahardjo Donokusumo (Konsul Jenderal di Ho Chi Minh City) menggantikan Ahlan Bahdari Razif, SE (berakhir 31 Juli 2005), untuk Kerajaan Spanyol, di Madrid, Slamet Mustafa, SH (Inspektur Jenderal-Deplu) menggantikan Rachmat Ranudiwijaya (berakhir 31 Juli 2005) dan untuk Kerajaan Norwegia dan Islandia, di Oslo, Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi (Direktur Eropa Barat-Deplu), menggantikan Hatanto Reksodiputro, MA (berakhir 21 April 2005). (*/lpk)



Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • 'Bugatti' buatan pria asal Boyolali memukau dunia!
  • 5 Cara labu tingkatkan kekebalan tubuh
  • Ribuan umat Islam Kediri tagih janji Jokowi soal Hari Santri
  • Family day out, intip kedekatan Alyson Hannigan dan putrinya
  • Antre di SPBU, pengecer bensin dicekik & ditodong pistol polisi
  • Hasto beberkan isi pertemuan Tim Jokowi dengan Prabowo di Hyatt
  • Eh, Ternyata Banyak Hal Seru di Trailer 'JOKOWI ADALAH KITA'
  • Forum Betawi dan FPI ancam lengserkan Ahok di Hari Pahlawan
  • Kim So Hyun raih gelar Best Actor di Tokyo Drama Awards
  • Diam-diam, ternyata Jokowi pernah bertemu elite PKS
  • SHOW MORE