Merdeka.com tersedia di Google Play


Mabes Polri Lakukan Mutasi Besar-besaran

Sumber : | Minggu, 11 Desember 2005 15:45


Mabes Polri Lakukan Mutasi Besar-besaran
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Mabes Polri melakukan mutasi terhadap 25 perwira tinggi dan perwira menengah yang terdiri atas 13 Kapolda dan beberapa pejabat tinggi di lingkungan kepolisian.

"Ada 13 kapolda yang dimutasikan," kata Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Polisi Soenarko DA yang dihubungi di Jakarta, Sabtu malam.

Dia mengatakan mutasi tersebut berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Kapolri No 835/XII/2005 tertanggal 9 Desember 2005 yang ditandatangani oleh Deputi Sumber Daya Manusia (Desumdaman) Polri Irjen Basyir Barmawi.

Mutasi Kapolda tersebut antara lain meliputi pimpinan Kepolisian Daerah (Polda) Bali, Jatim, Banten, Sulsel, Sulut, Sumut, Sumsel, Riau, Bangka Belitung, Kepri, Kalsel, NTB dan NTT.

Kapolda Bali Irjen Polisi I Made Mangku Pastika ditugaskan menduduki posisi baru sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (Kalakhar BNN) yang telah lowong selama enam bulan sejak Jenderal Polisi Sutanto menjadi Kapolri.

Jabatan Kapolda Bali selanjutnya diisi oleh Brigjen Sunarko Danu Ardanto yang saat ini menjabat Wakil Kepala Divisi Humas Polri dan Sunarko digantikan oleh Kombes Polisi Anton Bahrul Alam yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Kapolda Kepri selanjutnya dipercayakan kepada Kapolwiltabes Surabaya Kombes Polisi Sutarman.

Sementara Kepala Divisi Humas Polri Irjen Aryanto Boedihardjo juga dimutasikan menjadi Kapolda Sulawesi Selatan menggantikan Irjen Saleh Saaf yang menempati posisi baru menjadi staf ahli Kapolri.

Posisi Kadiv Humas selanjutnya dipegang oleh Brigjen Paulus Purwoko yang sebelumnya menjabat Direktur Akpol Semarang merangkap Direktur Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC).

Sedangkan Kapolda Polda Jawa Timur Irjen Polisi Edy Sunarno dimutasikan sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri dan posisi yang ditinggalkan diisi oleh Irjen Herman Surjadi Sumawireja yang kini menjabat Kapolda Sumatra Selatan.

Jabatan Kapolda Sumsel selanjutnya diisi oleh Brigjen Imam Haryatna yang sebelumnya menjabat Direktur A Badan Intelkam Polri.

Kapolda Sumut Irjen Iwan Panji Winata ditarik sebagai perwira tinggi (Pati) non jabatan di lingkungan Mabes Polri untuk persiapan masa pensiun, dan penggantinya yaitu Brigjen Bambang Hendarso Danuri yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel).

Posisi Kapolda Kalsel selanjutnya diisi perwira menengah (Pamen) Polda Sulsel yaitu Halba Rubis Nugroho.

Sementara Kapolda Bangka Belitung (Babel) Kombes Mohammad Idris Gasing dipindahtugaskan menjadi Pamen Detasemen Markas (Denma) Mabes Polri dan penggantinya adalah Kombes Imam Sudjarwo yang sebelumnya Wakapolda Babel.

Kapolda NTB Brigjen M Tosin ditarik ke Mabes Polri menjadi Sekjen Dewan PKetahanan Nasional (Wantanas) dan sebagai penggantinya ditunjuk Brigjen Wawan Hendarman Direktur PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian).

Jabatan Direktur Akademik PTIK akan diduduki Brigjen Lorensius Bambang Sutiarso yang sebelumnya Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) dan sebagai penggantinya Brigjen Alexius Gordon Mogot yang sebelumnya adalah Inspektur Lemhanas.

Kapolda Banten Kombes Badrodin Haiti dipindahkan menjadi Sekretaris Lembaga Pendidikan Latihan (Lemdiklat) Polri dan penggantinya ditunjuk Kombes Timur Pradopo yang sebelumnya menjabat Inspektur Pengawasan Polda Bali.

Kapolda NTT Brigjen Edward Aritonang juga ikut dimutasikan menjadi Direktur Akademik Sespim Polri dan sebagai penggantinya Kombes RB Sadarum yang sebelumnya merupakan Sekretaris Sekolah Pimpinan Polri.

Kapolda Riau Brigjen Syafiudin Damanhuri jadi Widyaiswara Sespim Polri dan sebagai penggantinya ditunjuk Brigjen Ito Sumardi yang sebelumnya menjabat Direktur Badan Pembinaan Keamanan Polri. (*/lpk)


KUMPULAN BERITA
# Kebakaran

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kebakaran, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kebakaran.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Harga Rp 5 juta, arloji mewah Panglima TNI KW?
  • Sulit genjot modal, BTN dinilai pantas dicaplok Bank Mandiri
  • SBY: UKM jangan ngepruk harga, pagi Rp 2 juta malam Rp 12 juta
  • Robson: skuat tua MU tak boleh jadi alibi Moyes
  • Polisi Aceh yang cabuli 5 bocah diduga punya kelainan seksual
  • Kapolda Sulsel: Geng motor musuh kita bersama harus diberantas
  • 7 Makanan super untuk melawan kanker
  • Saksi sebut kapok beri kuitansi kosong ke Kemenlu
  • Caleg Hanura curhat, mengaku dicurangi rekan separtai
  • Lolos ke Senayan Nico Siahaan ingin perbanyak SMK daripada SMA
  • SHOW MORE