Merdeka.com tersedia di Google Play


LSN: Demokrat mendapat predikat partai terkorup

Reporter : Mustiana Lestari | Minggu, 24 Maret 2013 14:12


LSN: Demokrat mendapat predikat partai terkorup
Demokrat. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Dalam survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN), suara Partai Demokrat terus mengalami kemerosotan. Pemenang Pemilu 2009 lalu itu dalam survei LSN kali ini hanya memperoleh 4,3 persen saja.

"Ke mana suara Demokrat bermigrasi? suara pemilih Demokrat ke partai NasDem 8,8 persen, PDIP 11 persen, dan Gerindra 15,3 persen. Terjadi imigrasi simpatisan terutama ke partai yang bersifat oposisi dan nasionalis," kata Peneliti LSN, Dipa Pardita di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu (24/3).

Merosotnya suara Demokrat karena persepsi masyarakat menganggap partai ini terkorup. "Dari survei yang dilakukan LSN soal partai terkorup posisi Demokrat naik menjadi 70,5 persen setelah pada Oktober lalu kita survei itu hanya 51,4 persen. Ini mengakibatkan Demokrat mengalami kemerosotan elektabilitas sedangkan oposisi kebanjiran simpati," ujarnya.

Di urutan kedua partai terkorup adalah Partai Golkar. Partai pimpinan Aburizal Bakrie ini mendapat presentase 5,7 persen disusul PKS 4,4 persen.

Selain menyurvei pendapat masyarakat tentang partai terkorup, survei ini juga melakukan survei partai mana yang paling bersih. Dan Partai Hanura menjadi terbersih dengan presentase 13,5 persen. Sementara diurutan kedua ada PDIP dengan presentase 9,2 persen dan Gerindra 8,5 persen.

Survei LSN ini dilakukan pada 1-15 Maret. Survei melibatkan 1230 koresponden yang tersebar di 33 provinsi . Margin of error dalam survei ini sebesar 2,8 persen.

[has]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kemelut Demokrat, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kemelut Demokrat.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE