Merdeka.com tersedia di Google Play


KPU Kota Bandung tetapkan kemenangan Ridwan Kamil-Oded Danial

Reporter : Andrian Salam Wiyono | Jumat, 28 Juni 2013 14:30


KPU Kota Bandung tetapkan kemenangan Ridwan Kamil-Oded Danial
gedung sate. pocmap.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menetapkan pasangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial (Rido) sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota Bandung terpilih 2013. Dengan raihan 45,24 persen suara pasangan nomor urut empat dinyatakan menang satu putaran karena memenuhi syarat lebih dari 30 persen.

Kemenangan pasangan nomor urut empat tersebut diketahui usai dilakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung 2013, yang disampaikan oleh setiap 30 Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Bandung Convention Center (BCC) Bandung, Jumat (28/6).

Setelah agenda penyampaian hasil di tingkat kota, KPU pun melakukan penetapan kepada Calon Walikota dan Calon Walikota Bandung terpilih yang langsung disampaikan Sekretaris KPU Kota Bandung Agus Priyono.

"Pada 28 Juni KPU Kota Bandung melaksanakan rapat pleno terbuka. Dengan itu memutuskan M. Ridwan Kamil dan Oded M Danial dengan perolehan sebagaimana dimaksud telah memenuhi lebih dari 30 persen," kata Agus dalam pengumuman penetapan.

"Maka dari itu pasangan ini sebagaimana ditetapkan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Bandung terpilih 2013," tambahnya. Tak lama penyampaian tersebut Ketua KPU Kota Bandung Apipudin, mengetuk palu pertanda rapat pleno dan menyatakan Rido menang dalam Pilwalkot Bandung 2013.

Duet Ridwan Kamil dan Oded M Danial sendiri meraih 434.130 suara atau dengan 45,24 persen. Pasangan kedua dengan jumlah suara terbanyak diraih Edi Siswadi-Erwan Setiawan dengan 169.526 suara (17,67 persen). Kemudian ada pasangan Ayi Vivananda-Nani Suryani dengan 145.513 suara (15,16 persen). Di posisi empat ada pasangan dari independen Wahyudin Karnadinata-Toni Apriliani 79.728 suara (8,31 persen).

Selanjutnya ada duet Mq Iswara dan Asep Deddy dengan 73.617 suara (7,67 persen). Ditiga terbawah ada nama Budi Setiawan-Rizal Firdaus 26.064 suara (2,72 persen). Wawan Dewata dan M. Sayogo 17.901 suara (1,87 persen) dan paling buncit ada duet Bambang Setiadi dan Alex Tahsin dengan 13.168 (1,37 persen).

Dalam rapat pleno tersebut salah seorang yang mengatasnamakan perwakilan dari ke enam pasang calon menyatakan menolak hasil Pilwalkot Bandung. Selanjutnya pria bernama Iwan Suhermawan akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Wali kota dan wakil wali kota Bandung terpilih 2013 ini akan dilantik pada 16 September 2013 mendatang.

[ian]


Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Pilwalkot Bandung, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Pilwalkot Bandung.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Hengky Kurniawan bakal nikahi janda akhir tahun ini?
  • Pengadilan Mesir penjarakan 119 pendukung Mursi
  • 2 Siswa di Surabaya jual kunci jawaban UN melalui chatting
  • Mei 2014, Adira Finance terbitkan obligasi Rp 1,5 triliun
  • "SUPERIOR", superhero yang akan hadir di layar lebar!
  • Inikah smartphone layar 3D milik Amazon itu?
  • Tak sabar, Nia Daniati ingin pinjam palu hakim
  • Gagah berbadan kekar, Land Rover Discovery Vision!
  • Singkatan capres-cawapres, Fadli Zon sebut inisiatif masyarakat
  • 2 Siswa di Surabaya yang jual kunci jawaban UN berstatus saksi
  • SHOW MORE