Lima Petinggi PAN Dilaporkan ke Mabes Polri

Sumber : | Selasa, 7 Maret 2006 19:46




Lima Petinggi PAN Dilaporkan ke Mabes Polri
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Mantan anggota DPR-RI dari Fraksi PAN yang di-recall, Joko Edi Abdurachman, melaporkan lima petinggi partai dan fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ke Mabes Polri karena dianggap mencemarkan nama baiknya.

"Ada penyesatan, kebohongan, penggiringan dan fitnah yang dilakukan secara sistemik dan strategis yang berakibat pada kesimpulan saya harus di-recall. Itu cara yang menurut saya sudah mengarah kepada tindakan kriminal," katanya kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (07/03).

Joko Edi yang mengenakan stelan jas hitam datang ke Mabes Polri sekitar pukul 11.30 WIB didampingi pengacaranya Teguh Samudra dari Perhimpunan Advokat Indonesia (PAI).

Selanjutnya ia melaporkan kasusnya ke bagian pelayanan laporan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

Ia mengatakan, ada lima nama yang dilaporkan ke Mabes Polri karena menurutnya telah merugikan nama baiknya antara lain Ketua Umum PAN Sutisno Bachir, Zulkifli Hasan (Sekjen PAN), Abdillah Toha (Ketua Fraksi PAN), Muhamad Nazib (Sekretaris PAN) serta Hakam Naja (Ketua DPP PAN).

"Yang penting bagaimana menghentikan pengerusakan karakter saya, ada kerugian di pihak saya sampai ke pleno hingga ada recalling," katanya.

Ia menuding lebih besar syahwat untuk me-recall dirinya dari kedudukannya di sebagai salah satu wakil PAN di DPR RI.

"Buat saya soal kekuasaan, monggo ambil saja, tapi jangan martabat saya yang diambil, kalau martabat diambil tidak ada maknanya di dunia. Saya harus membela diri," katanya.

Sementara alasan melaporkan kelima orang tersebut ke Mabes Polri, Joko menyebutkan karena ada pernyataan-pernyataan dari para petinggi PAN itu tentang dirinya ke publik (melalui media massa -red).

Sementara itu kuasa hukum Joko Edi Abdurachman, Teguh Samudra mengatakan ada hal-hal yang mereka sampaikan kepada publik yang tidak benar.

"Padahal seharusnya kalau menurut akhlak agama jangan menyebutkan hal-hal yang tidak benar, apalagi masalah pribadi," katanya.

Menurut Teguh Samudera, pihaknya melihat sudah ada pelangaran Pasal 310 dan 311 KUHP yakni pencemaran nama baik dan fitnah dengan sengaja dan juga perbuatan yang tidak menyenangkan.

Sementara itu kenapa baru sekarang ini Joko Edi baru melaporkannya ke Mabes Polri, menurut Teguh sengaja membiarkan dulu pihak-pihak tersebut agar puas, baru pihaknya nyatakan kepada publik.

"Kalau saat itu langsung menyatakan ke publik tidak akan percaya, sekarang sudah waktunya dan ia (Joko) sudah mempertimbangkannya," kata Teguh Samudra.

Ia menyebutkan, upayanya akan menempuh mekanisme partai yakni ke badan arbitrasi, namun persoalan hukum tentang martabat Joko tidak bisa diganti dengan apapun juga, dan menyerahkannya kepada yang berwajib untuk dilakukan proses hukum.

Sementara itu kemungkunan berdamai dengan kelima terlapor, menurut Teguh masih bisa dilakukan melalui mekanisme yang ada.

"Bisa dari sisi lain permintaan maaf di hadapan publik sebagai mana dia menyatakan di hadapan publik tentang Pak Joko Edi," katanya.

Sementara itu Ketua Fraksi PAN di DPR-RI yang juga dilaporkan oleh Joko Edi, Abdillah Thoha mengatakan sudah mendengar adanya langkah Joko Edi melaporkan lima orang pengurus partai dan fraksi PAN tersebut.

Ia mengaku belum tahun persis isi laporannya namun menurutnya hal itu biasa-biasa saja.

"Saya nggak ada tanggapan khusus tentang laporan itu, boleh saja ia melakukan hak-hak hukumnya," katanya Abdillah Thoha.

Ia mengatakan belum ada langkah partai untuk menanggapi laporan dari kadernya tersebut.

"Itu hak Pak Edi melaporkan ke polisi," katanya.

Namun ia mengaku tidak mengerti dengan laporan yang dilakukan oleh Joko Edi itu. (*/lpk)


KUMPULAN BERITA
# Agus DW Martowardojo

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Keraton Surakarta kirim 60 kontingen ke FKN IX di Bima
  • Foto syur PNS Bandung beredar, Rinada dicecar 20 pertanyaan
  • Sedikitnya 1.420 orang tewas di Irak pada Agustus
  • Jokowi ogah beberkan isi pertemuan tertutup dengan Surya Paloh
  • Terlibat korupsi, 3 pejabat BNI Pekanbaru dituntut 16 tahun bui
  • Sibuk apa sih putra ganteng dan putri cantik Titi DJ?
  • Koalisi Merah Putih besok sowan ke SBY di Cikeas
  • Pemkot Tangerang tutup karaoke Syahrini karena tak berizin
  • KPK bakal banding atas vonis Atut
  • Jokowi lakukan pertemuan tertutup di kediaman Surya Paloh
  • SHOW MORE