Gubernur Akan Minta Pimpinan Eksekutif FKM/RMS Diekstradisi dari AS

Sumber : | Selasa, 3 Juli 2007 13:21




Gubernur Akan Minta Pimpinan Eksekutif FKM/RMS Diekstradisi dari AS
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu akan meminta pimpinan eksekutif Front Kedaulatan Maluku(FKM) yang memperjuangkan kedaulatan Republik Maluku Selatan(RMS), Alexander Manuputty diekstradisi dari Amerika Serikat(AS) ke tanah air guna mengungkapkan "tarian liar" didalangi gembong organisasi sempalan ini saat peringatan Harganas ke-XIV di Ambon, 29 Juni lalu.

Ketika bertatap muka dengan berbagai komponen bangsa di Maluku di Ambon, Selasa untuk menyelesaikan insiden "tarian liar" yang mengagetkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, Gubernur memastikan perlu berkoordinasi dengan Menko Polhukam Widodo AS dan Deplu agar AS mau mengekstradisi Manuputty yang melarikan diri dari LP Cipinang tahun 2003 . Manuputty, menurut dia, merupakan "aktor intelektual" dari berbagai aksi separatis RMS di Maluku dan puncaknya saat peringatan Harganas ke- XIV dengan penyusupan memperagakan tarian cakalele(perang-red) oleh 28 penari.

"Saya akan meminta dukungan DPRD Maluku untuk berkoordinasi dengan Menko Polhukam dan Deplu agar Manuputty itu bisa diekstradisi dari AS, selanjutnya diproses hukum sehingga tidak meresahkan dan menyengsarakan warga Maluku yang sebenarnya tidak tahu- menahu dengan gerakan separatis RMS karena NKRI sudah "harga mati","ujarnya. Senada dengan Gubernur, menurut Wagub Maluku, Memet Latuconsina, RMS merupakan gerakan separatis yang harus dilawan bersama warga Maluku tanpa membedakan agama. "Jangan ada stigma RMS itu identik dengan agama tertentu . Karena itu marilah secara sadar dan jujur memberikan informasi bagi aparat keamanan untuk mengungkapkan berbagai aksi organisasi sempalan yang selama ini mengganggu orang Maluku dipromosikan pada jabatan-jabatan strategis di tingkat nasional,"katanya.

Wagub menyarankan aparat kepolisian sekiranya dalam pengembangan pemeriksaan hendaknya mengumumkan kepada masyarakat yang ingin mengetahui sejau hmana perkembangan penanganan insiden yang "mencoreng" kedaulatan NKRI. "Tolong diumumkan sehingga tidak muncul prasangka buruk terhadap kinerja aparat keamanan, sekaligus masyarakat tahu bahwa perbuatan tidak bertangggung jawab itu hanyalah oknum-oknum simpatisan separatis RMS dan tidak menuding kelompok atau agama tertentu,"tuturnya.

Plt.Kabid Humas Polda Maluku, Kompol Djoko Susilo pada kesempatan itu mengemukakan Polda sementara ini sudah menetapkan 39 tersangka terkait "tarian liar" dengan pengembangan pemeriksaan masih intensif dilaksanakan agar terungkap kemungkinan ada oknum lain maupun "aktor intelektualnya" 39 tersangka itu terdiri atas 35 terkait "tarian liar", sedangkan empat tersangka lainnya adalah hasil pengembangan dari pengakuan penari cakalele. Barang bukti yang diamankan adalah 18 parang kayu, 11 tombak kayu dan 20 bendera separatis RMS.

"Kami menginginkan masyarakat yang mengetahui berbagai perkembangan, baik oknum simpatisan FKM/RMS maupun aksi-aksinya hendaknya disampaikan kepada aparat keamanan agar tekad bersama mengikis tuntas hingga ke "akar-akar" kegiatan organisasi separatis itu bisa terungkap dan memudahkan proses hukum," pintanya. Sementara itu, Aster Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Inf.Yudi Zanibar, menyatakan kesiapan personil Kodam setempat mendukung Polda Maluku menuntaskan berbagai aksi separatis RMS. "Kami minta maaf karena belum bisa berbuat banyak dan berbicara panjang lebar karena khawatir dituding salah lagi terkait "tarian liar" yang membobolkan pengamanan Presiden," tambahnya.(*/cax)


KUMPULAN BERITA
# Pemilu 2014# PKB

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Antv dan tvOne lejitkan laba VIVA semester I 202,5 persen
  • Meski ditantang naikkan harga BBM, Jokowi pilih menghindar
  • Politikus Prancis bandingkan anak Palestina dengan daging halal
  • Ical: Saya belum mau lengser
  • Jaksa lengah, tahanan narkoba kabur usai sidang di PN Pekanbaru
  • Ada adu jotos di pertandingan Maccabi Haifa vs Lille
  • Sex toy ini tersangkut dalam vagina selama 10 tahun!
  • Anindya Bakrie bicara soal anjloknya saham VIVA
  • Trailer Fifty Shades of Grey sertakan adegan sensual
  • Polisi serahkan berkas kasus kekerasan maut di SMA 3 ke jaksa
  • SHOW MORE