2.277 Personil TNI Ditemaptkan di Perbatasan NTT-Timtim

Sumber : | Jumat, 24 Maret 2006 20:55




2.277 Personil TNI Ditemaptkan di Perbatasan NTT-Timtim
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - TNI Angkatan Darat menempatkan 2.277 personilnya di perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan Timor Timur untuk menjaga integritas wilayah dan keutuhan NKRI dari ancaman negara tetangga yang baru berpisah dengan Indonesia melalui referendum 30 September 1999.

Pasukan tersebut merupakan gabungan dari berbagai batalyon di lingkungan TNI-AD yang terserap dalam satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) NTT-Timtim yang ditempatkan pada 59 pos perbatasan, kata Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang, Kol Inf APJ Noch Bola di Kupang, Jumat (24/03).

Komposisi pasukan tersebut juga sempat disampaikan Danrem Wirasakti kepada Panglima TNI, Marsekal Djoko Suyatno ketika bersama KSAD Jenderal TNI Djoko Santoso, KSAL Laksamana Slamet Subiyanto serta sejumlah perwira tinggi Mabes TNI berkunjung ke wilayah perbatasan NTT-Timtim, Kamis (23/03).

Danrem Bola mengatakan, pasukan tersebut sudah cukup memadai untuk menjaga kedaulatan NKRI di perbatasan kedua negara, namun letak pos penjagaan sangat berjauhan antara satu pos dengan pos lainnya sehingga ruang tersebut sering dimanfaatkan penduduk kedua negara yang bermukim di perbatasan untuk melakukan aksi penyelundupan melalui jalan-jalan tikus.

Situasi ini, kata dia, diperparah lagi dengan tidak adanya sarana jalan yang menghubungkan satu pos dengan pos yang lain sehingga perlu mendapat pertimbangan dari Mabes TNI untuk membuka sarana jalan guna memudahkan prajurit dalam melakukan koordinasi dalam menjaga wilayah perbatasan.

Danrem juga mengemukakan bahwa sejumlah batas wilayah darat antara kedua negara masih bermasalah sehingga diklaim oleh penduduk kedua negara sebagai bagian dari teritorinya.

"Sering terjadi benturan antarpenduduk kedua negara akibat belum adanya patok perbatasan yang jelas menyangkut batas negara. Kami harapkan Departemen Luar Negeri segera melakukan perundingan dengan pemerintah Timtim untuk segera menetapkan tapal batas negara secara permanen," ujarnya.

Hal ini penting untuk menghindari ketegangan antara kedua negara, karena masing-masing pihak mengklaim diri sebagai pemilik sah atas lahan tersebut, ujarnya.

Ketika Timor Timur masih menjadi bagian dari NKRI, penduduknya berkebun di dalam wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), namun karena Timtim sudah menjadi sebuah negara maka patok batas wilayah negara perlu dipertegas dalam satu keputusan resmi antarnegara guna menghindari pergeseran-pergeseran antarpenduduk di wilayah perbatasan.

Menyangkut masalah ini, Panglima TNI Marsekal Djoko Suyatno, sebelumnya mengatakan akan membicarakan lebih lanjut dengan departemen terkait di Jakarta untuk segera menetapkan batas wilayah darat negara secara permanen.

"Masalah-masalah yang dikemukakan Danrem (Wirasakti) akan kita bicarakan lebih lanjut dengan departemen terkait di Jakarta," kata jenderal bintang empat dari Angkatan Udara itu. (*/lpk)


KUMPULAN BERITA
# Jokowi Ahok

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Peruwat Amien Rais sebut penggugat dirinya salah persepsi
  • Ahok bakal jadikan rumah dinas gubernur sebagai tempat wisata
  • 25 Pelajar digaruk Satpol PP saat ngopi dan main remi di warung
  • Usai diperiksa KPK, Sekjen MK bantah kenal Amir Hamzah & Kasmin
  • Kemenkeu: Belum punya menteri, pencairan anggaran tetap normal
  • Masyarakat makin sejahtera, omzet pengusaha roti tembus Rp 20 T
  • Diperiksa KPK, panitera MK ngaku cuma tambah keterangan
  • Foto Justin Bieber sedang mandi beredar di dunia maya
  • Polisi dalami kasus Nina, wanita tewas dilempar batu
  • Ahok: Rumah dinas gubernur DKI nyamuknya ganas-ganas
  • SHOW MORE