Pimpinan Muslim Samakan Negara Inggris Seperti Nazi

Sumber : | Sabtu, 3 Februari 2007 12:41




Pimpinan Muslim Samakan Negara Inggris Seperti Nazi
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Pemimpin Muslim hari Jumat memperingatkan bahwa Inggris menuju "negara polisi", dengan menyamakan keadaan dengan Nazi Jerman sesudah serangan anti-teror di kota Birmingham pekan ini.

Tapi, Mohammad Naseem, ketua Mesjid Pusat Birmingham, mendesak Muslim menahan diri sesudah penggerebekan itu, saat sembilan tersangka ditangkap dengan tuduhan merencanakan penculikan "bergaya Irak" dan memfilmkan pengayauannya.

"Negara ini bergerak menuju negara polisi. Itu tidak benar. Kita harus mengubah ini," katanya di dalam mesjid itu, tempat sekitar 2.000 Muslim berkumpul untuk shalat Jumat.

"Kita dapat mengubah ini menjadi lebih baik secara bersama, tidak dengan terpecah. Tetap tenang, jangan marah. Kemarahan adalah perasaan alami, tetapi Muslim harus mengendalikannya. Kita jangan pernah mengalah pada kemarahan," katanya.

Saat berbicara di luar mesjid itu sesaat sebelum shalat dimulai, ia membandingkan keadaan sekarang, dan undang-undang anti-teror, yang diberlakukan di Inggris beberapa tahun terahir, dengan Nazi Jerman.

"Orang Jerman diberi tahu bahwa orang Yahudi adalah ancaman. Hal sama terjadi di sini. Muslim sekarang jadi orang menakutkan," katanya, "Itu kelompok kecil, mudah mengambil mereka. Itu yang dilakukan."

Kemarahan tinggi sesudah pengegerebekan itu, yang disertai tuduhan bahwa tersangka tersebut berencana menculik dan mengayau seorang tentara Muslim Inggris dan mengirim videonya ke lokamaya.

Polisi Inggris hari Kamis diberi tambahan waktu untuk memeriksa sembilan tersangka itu, yang semua oleh tetangga disebut orang Inggris asal Pakistan, dan kebanyakan laki-laki berkeluarga dan memiliki anak.

Tentara muslim Inggris dan keluarganya akan diberi panduan baru keamanan sesudah tersangka komplotan untuk menculik, menganiaya, dan mengayau tentara terbongkar dengan penahanan sembilan orang, kata berita hari Kamis.

Saat polisi meneruskan pencarian dari rumah ke rumah di kota Birmingham, Midlands Inggris, lebih banyak rincian muncul atas dugaan rencana menculik satu tentara dan mengirim pengayauannya ke lokamaya sebagai peringatan agar muslim tidak membantu angkatan bersenjata.

Terdapat sekitar 330 muslim dalam angkatan bersenjata berkekuatan 100.000 orang itu, lebih kurang 250 di antaranya dalam dinas aktif.

Panduan baru keamanan itu akan diterapkan kepada semua anggota angkatan perang, yang mungkin menjadi sasaran, kata Daily Telegraph.

Tersangka komplotan itu dikatakan melibatkan penculikan atas tentara tertentu, berusia 20 tahun, yang pernah bertugas di Afganistan.

Langkah diambil untuk melindunginya dan dia sudah dibawa ke tempat aman, kata berita. Reserse menyatakan tersangka komplotan itu ditangkap dalam penggerebekan subuh di seluruh kota Birmingham atas "kecurigaan akan perbuatan, persiapan atau dorongan berbuat teror".

Duabelas alamat di Birmingham, kota terbesar kedua Inggris dan satu dari yang paling beragam bangsa dengan penduduk besar Muslim, disegel oleh petugas tak berseragam dan digeledah.

Inggris berada di derajat waspada tertinggi kedua sejak empat orang negeri itu membunuh 52 orang di London pada Juli 2005 dalam pemboman jibaku pertama di Eropa Barat.

Media melaporkan, dengan menyebut sumber tak bernama, polisi dan dinas mata-mata dalam negeri MI5 menghentikan komplotan besar teroris dalam tahap terahir perencanaan atau hampir berhasil. (*/erl)



JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Kemenhub pastikan 25 pesawat siap angkut jamaah haji tahun ini
  • Intip rahasia kaki cantik SNSD, kamu tak akan percaya
  • Golkar harap Ratu Atut tabah dan tegar divonis 4 tahun
  • Ahok minta pedagang Lindeteves tuntut PD Pasar Jaya
  • Sultan ingin win-win solution untuk kasus Florence
  • Pria China tusuk tiga siswa SD di sekolah hingga tewas
  • [Foto] Ternyata Indonesia juga punya Sabina Altynbekova!
  • Batas atas tarif penerbangan diusulkan naik
  • Ini pembelaan Bulog soal beras berkutu
  • 6 Calon jemaah haji asal Medan gagal berangkat bersama kloter I
  • SHOW MORE