Pasukan Srilanka Hentikan Serangan Terhadap Pemberontak Tamil

Sumber : | Kamis, 27 April 2006 15:49




Pasukan Srilanka Hentikan Serangan Terhadap Pemberontak Tamil
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Militer Srilanka mengatakan tempat-tempat pelintasan ke daerah Macan Tamil telah dibuka kembali, Kamis dan pihaknya menghentikan pemboman terhadap sasaran-sasaran pemberontak, tapi tidak mengesampingkan serangan-serangan lagi sementara pulau itu berada diambang perang saudara.

Kendatipun serangan gencar Selasa malam dan Rabu berhenti, kedua pihak berikrar akan melakukan tindakan balasan jika serangan terjadi kembali.

Jika aksi kekerasan dihentikan, para diplomat mengatakan perundingan perdamaian masih mungkin diselenggarakan. Jika tidak, banyak yang khawatir gencatan senjata tahun 2002 kemungkinan ambruk sama sekali.

Satu serangan bom bunuh diri yang menewaskan 10 orang dan mencederai seorang komandan militer, Selasa disusul oleh serangan udara terhadap daerah pemberontak Macan Pembebasan Tamil Eelam (LTTE) di timur. PBB mengatakan ribuan orang telah meninggalkan rumah mereka.

Situs internet pro pemberontak Tamilnet (www,tamilnet.com) yang mengutip pemimpin politik LTTE daerah timurlaut negara itu, S.Elilan mengatakan pemberontak menunggu instruksi dari para pemimpin mereka.

Jurubicara Angkatan Darat Brigjen Prasad Samarasinghe mengatakan tidak ada serangan militer baru Rabu malam , tapi satu kamp tentara dekat daerah pemberontak di timurlaut telah ditembaki senjata ringan. Ia tidak mengatakan apakah ada serangan balasan.

Polisi mengatakan satu ledakan di sebuah kantor polisi di propinsi tengah bagian utara mencederai delapan perwira, tapi tampaknya itu adalah aksi kejahatan dan tidak ada hubungannya dengan Macan Tamil.

Pelintasan-pelintasan perbatasan ditutup oleh tentara setelah serangan bom bunuh diri di Kolombo, yang mengakibatkan putusnya daerah kantong Jaffna di utara yang dikuasai pemerintah. Pelintasan-pelintasan itu dibuka kembali Kamis, kata pihak militer.

Macan Tamil mengatakan lebih dari 12 warga sipil tewas akibat serangan udara dan artileri pemerintah terhadap daerah sekitar pelabuhan Trincomalee, di timurlaut. Mereka juga mengatakan sekitar 40.000 orang meninggalkan rumah mereka.

Para pekerja bantuan mengatakan jumlah itu kemungkinan dibesarkan tapi Komisi Tinggi PBB urusan Pengungsi (UNHCR) mengatakan pihaknya memperkirakan ribuan orang terlantar dan mengimbau dihentikannya permusuhan untuk menungkinkan bantuan bisa diterima para pengungsi.

Para diplomat dan pengamat mengatakan serangan yang diduga dilakukan Macan Tamil terhadap militer dan penduduk sipil Sinhala bertujuan untuk menciptakan citra tidak baik yang mereka harapkan akan dapat merebut simpati internasional dan mendorong lebih banyak warga Tamil untuk ikut berjuang .

Dalam sebuah pernyataan resmi, Macan Tamil mengatakan pemboman dan pembunuhan yang dilakukan terhadap warga sipil Tamil sekarang meningkat pada "pembantaian" da mengimbau masyarakat internasional mengutuk dan segera menghentikan serangan-serangan itu.

"Susana teror yang diciptakan di seluru daerah Tamil telah mentelentarkan penduduk Tamil," kata sebuah pernyataan di situs resmi mereka. "Sekarang, warga Tamil sedang berusaha dan mengharapkan perlindungan dari gerakan kami."

Pemberontakan Tamil untuk mendirikan sebuah negara sendiri di bagian utara dan timur Srilanka selama dua dasawarsa menewaskan lebih dari 64.000 orang. (*/cax)


KUMPULAN BERITA
# Thailand

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Harga patokan mobil murah bakal direvisi
  • Istana: Komunikasi SBY dan Jokowi berjalan baik
  • Relawan Seknas Jokowi janji kritisi pemerintahan Jokowi-JK
  • Pesawat Aljazair Air hilang dari radar
  • Ini 5 smartphone Android murah untuk berfoto saat lebaran
  • Tinjau stasiun, SBY minta pemudik jaga keselamatan
  • Musuh Avengers di Age of Ultron bukan satu, tapi banyak!
  • Belum dapat hasil rekap, kubu Prabowo-Hatta sebut KPU lalai
  • SBY soal mudik: Kalau semua baik, Pak Jokowi pasti senang
  • Perintah penghapusan solar subsidi di Jakarta keluar lusa
  • SHOW MORE