CPPCC Telah Berperan Aktif Dalam Pembangunan Ekonomi China

Sumber : | Senin, 3 Maret 2008 23:16




CPPCC Telah Berperan Aktif Dalam Pembangunan Ekonomi China
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Cina (CPPCC) ikut berperan aktif dan penting dalam menyampaikan saran mengenai perumusan dan pelaksanaan pembangunan ekonomi dan sosial Rencana Pembangunan Nasional Lima Tahun ke-11 dalam upaya menciptakan suatu masyarakat sosialis yang harmonis.

"Kami telah memberikan sejumlah pernyataan dan saran penting mengenai sejumlah isu penting untuk pembangunan ekonomi dan sosial dalam Rencana Pembangunan Nasional Lima Tahun ke-11," kata Ketua CPPCC Jia Qinglin, ketika menyampaikan pidato dalam Sesi Pertama Komite Nasional ke-11 CPPCC, di Beijing, Senin (3/3).

Dalam agenda politik tahunan tersebut hadir pula Presiden Cina Hu Jintao, Perdana Menteri (PM) Wen Jiabao, serta ribuan anggota CPPCC dari seluruh provinsi, kota, serta wilayah otonomi. Kongres akan berlangsung 3-14 Maret 2008 di Gedung Balai Agung Rakyat, Beijing.

Menurut Qinglin dalam pidatonya selama satu jam tersebut dan beberapa kali mendapat sambutan tepuk tangan, pihaknya juga telah memberikan saran penting kepada pemerintah untuk perbaikan pengaturan ekonomi makro, membangun suatu masyarakat sosialis baru di daerah pedalaman, serta menjadikan Cina sebagai negara yang inovatif.

Disamping itu juga, katanya, pihaknya telah menjadikan Cina sebagai suatu negara yang memiliki sejumlah sumber daya alam dan ramah lingkungan, serta memperbaharui struktur ekonomi dan melakukan perubahan dalam pola pembangunan.

"Selama lima tahun terakhir ini, kami telah menangani lebih dari 23 ribu usulan, melengkapi lebih dari 100 laporan pemeriksaan, menyampaikan lebih dari 270 laporan survei dan penelitian, mengadakan 4 ribu sesi pidato serta menyediakan lebih dari 6.600 laporan mengenai kondisi sosial dan isu populer lainnya," kata Qinglin.

Salah satu usulan yang disampaikan oleh CPPCC, katanya, adalah mengembangkan dalam skala besar wilayah Cina bagian barat, memperbaharui sejumlah basis industri yang sudah tua di Cina timur laut dan mempromosikan kesejahteraan di wilayah China tengah dalam upaya untuk menyeimbangkan pembangunan.

Qinglin juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyarankan mengembangkan dan membuka wilayah industri baru, Tianjin Binhai, juga mempromosikan pengembangan ekonomi di pantai barat Selat Taiwan di Provinsi Fujian, disamping juga mengembangkan kawasan berikat di pelabuhan pantai Dayao, di Dalian.

"Langkah tersebut perlu dilakukan dalam upaya untuk memainkan peran penting dalam kerja sama di wilayah-wilayah itu dalam memasuki rencana pembangunan nasional," katanya.

CPPCC dalam lima tahun terakhir ini, katanya, juga telah mengadakan studi terkait dengan tenaga kerja, distribusi pendapatan masyarakat, biaya hidup di pedesaan, keluarga berencana, sistem kesehatan serta kesetaraan pendidikan, hingga membantu pemerintah dan sejumlah partai dalam mempromosikan pembangunan sosial.(kpl/dar)



JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya




{prev_next_news}


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Jakarta Marathon dongkrak Ibu kota menjadi Sport Tourism Dunia
  • Ida Ayu Surya raih Miss Internet 2014
  • 4 Kisah unik Paspampres Jokowi
  • Demi jadi polwan rela ditiduri sampai hamil
  • Gayatri Wailissa ternyata anggota BIN
  • Sebelum resepsi, seperti apa penampilan Nagita Slavina?
  • Menteri Jokowi jangan cuma bebas korupsi, tapi juga kasus HAM
  • 6 Aturan jadi pasangan yang baik dalam hubungan cinta
  • Ini cara Jokowi umumkan menteri hari ini
  • 5 Kritik rencana Jokowi hilangkan kementerian ekonomi kreatif
  • SHOW MORE