TNI: Pelaku penembakan 4 tahanan Cebongan anggota Kopassus

Reporter : Baiquni | Kamis, 4 April 2013 17:58

TNI: Pelaku penembakan 4 tahanan Cebongan anggota Kopassus
Lapas Sleman. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Tim investigasi yang dibentuk Mabes TNI AD menyampaikan hasil penyelidikan yang dilakukan terhadap kasus penembakan 4 tahanan titipan di Lapas Cebongan Sleman, Yogyakarta. Dipastikan, pelaku penembakan adalah anggota Kopassus.

Dalam jumpa pers di Dinas Penerangan TNI AD, Kamis (4/4), Ketua Tim Investigasi Brigjen Unggul K Yudhoyono menjelaskan, penyelidikan dilakukan sejak 29 Maret lalu. Hasilnya, para pelaku adalah rekan-rekan Serka Heru Santoso yang tewas dalam perkelahian di Hugo's Cafe.

"Bahwa secara kesatria dan dilandasi dengan kejujuran yang tinggi serta tanggung jawab, serangan terhadap Lapas Cebongan pada 23 Maret pukul 00.15 WIB diakui dilakukan oleh oknum anggota TNI AD, dalam hal ini Grup 2 Kopassus Kartosuro yang akibatkan terbunuhnya 4 tahanan preman," kata Unggul saat membacakan hasil investigasi.

Unggul juga menjelaskan, peristiwa penyerangan itu terkait dengan pembunuhan anggota Kopassus Serka Heru Santoso pada 19 Maret 2013 dan peristiwa pembacokan terhadap mantan anggota Kopassus Sertu Sriyono pada 23 maret oleh para korban.

"Peristiwa penyerangan Lapas Cebongan tersebut benar sebagai akibat pembunuhan yang dilakukan kelompok preman terhadap Serka Heru Santoso dan pembacokan Sertu Sriyono. Penyerangan ini akibat pembunuhan bermotif tindakan reaktif karena kuatnya jiwa korsa dan membela satuan," pungkas Unggul.

Sebelumnya, empat tahanan yang tewas tertembak adalah Hendrik Angel Sahetapy alias Deki, Adrianus Candra Galaja, Yohanis Juan Manbait, dan Gameliel Yermiyanto, yang salah satunya desertir polisi.

[bal]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Penembakan Lapas

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE