Tersangka penipuan Akpol kakak ipar mantan Kapolda Metro

Reporter : Adi Nugroho | Sabtu, 4 Mei 2013 00:11




Tersangka penipuan Akpol kakak ipar mantan Kapolda Metro
Ngaku Anak Kapolri. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - EN (44) perempuan yang kini mendekam di rumah tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur, ternyata merupakan kakak ipar dari Mantan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol (purn) Firman Gani. EN ditangkap jajaran Reskrim Polresta Bekasi Kota karena terlibat penipuan pendaftaran Akademi dan Bintara Polisi dengan modus mencatut nama Kapolri, Jenderal Timur Pradopo.

EN bersama perempuan cantik yang diduga tersangka utama bernama Yora Bunda Rindi diduga terlibat penipuan dengan modus bisa memasukkan seseorang jadi anggota polisi. EN ditangkap petugas di kediamannya Jalan Pekayon Jaya RT 13/04, Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi pada 1 Mei 2013 lalu.

Menurut kuasa hukum EN, Arifin Harap, kasus ini bermula dari perkenalan antara kliennya dengan Uly Sianturi yang bekerja di Dokkes Polda Metro Jaya, lantaran EN sering berobat pada awal tahun 2012 lalu.

Dari perkenalan itu, Uly kata dia, meminta bantuan kepada EN, apabila ada orang yang bisa memasukkan calon akademi dan bintara polisi. Dari situlah EN mengaku bila mempunyai teman yang dekat Yora Bunda Rini.

"Demi meyakinkan jika Yora anaknya Kapolri, EN oleh Ati Supiati ditunjukkan foto Kapolri bersama Yora. Jadi pertemuan EN dan Yora itu melalui Ati," katanya Jumat, (03/05) dalam jumpa pers di Jatibening, Pondokgede, Kota Bekasi.

Lebih lanjut kata Arifin, dalam kasus tersebut EN sudah mentransfer uang kepada Yora sebanyak tujuh kali senilai Rp 1,620 miliar. Uang itu didapat EN dari Uly hasil pembayaran enam orang calon polisi.

"Uly awalnya percaya, sebab satu calon polisi benar bisa masuk. Tapi, selanjutnya lima orang lagi sampai saat ini tidak bisa masuk, sedangkan uang yang sudah masuk ke Yora tidak dikembalikan," tambahnya.

Karena merasa ditipu, Uly yang diduga sebagai perantara, akhirnya melaporkan EN ke Polresta Bekasi Kota dengan tuduhan penipuan dan penggelapan pada 10 April 2013 lalu. EN pun akhirnya ditangkap.

Pihak kuasa hukum menyayangkan kepolisian karena EN ditangkap dan langsung dijebloskan ke rumah tahanan. Pasalnya, kata dia EN bukan tersangka utama dalam kasus tersebut. Bahkan, sebelum dijebloskan kliennya tidak pernah diperiksa atau dimintai keterangan.

Dalam kasus tersebut kliennya sama sekali tidak menikmati uang yang dikirim oleh Uly melalui rekeningnya. Menurut dia, setelah mendapatkan kiriman uang dari Uly, kliennya langsung mentransferkan ke Yora sepenuhnya.

"Kami sudah mengirim surat klarifikasi kepada Kapolri, untuk memastikan bila Yora itu benar atau tidaknya anak Kapolri," jelasnya.

Arifin menduga, ada perlakuan berbeda dalam penyelidikan kasus ini. Karena buron mencatut nama kapolri, penyidik terkesan enggan menyentuhnya. "Apakah karena mengaku anak kapolri, sehingga belum disentuh?" tanyanya.

Sementara itu, Kapolresta Bekasi Kota, Kombes Pol Priyo Widyanto, mengatakan, saat ini tersangka yang mengaku sebagai anak Kapolri sedang dilakukan pencarian untuk penangkapan. Dalam kasus ini, kata dia tidak ada sangkut pautnya dengan anggota keluarga Kapolri.

"Karena menurut tersangka (EN) yang saat ini sudah ditahan bahwa sebagian uang yang diterima sudah ditransfer kepada tersangka (Yora Bunda Rindi)," katanya.

Menurut dia, unsur tindak pidana penipuan itu adalah menggunakan identitas palsu dan menggunakan bujuk rayu dengan mengaku sebagai anak Kapolri. Modus tersebut yang digunakan oleh pelaku untuk melakukan kejahatannya sehingga korban terpedaya.

"(Korban) percaya, untuk menyerahkan sejumlah uang supaya dapat membantu keluarganya untuk masuk AKPOL (Akademi Polisi)," tambahnya.

[hhw]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# Penipuan

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Ajang budaya populer Indonesia Toy, Game & Comic Convention 2014
  • Mengikuti sang ayah, anak Habibie pilih jadi teknokrat
  • Ini dia gen tubuh yang buat orang jadi jomblo sejati
  • Harga cabai di daerah semakin melejit
  • Riset di Belanda, tim film dapat 25 ribu artikel Bung Hatta
  • Sunny Girls Generation 'minta' Jessica untuk kembali
  • Cacing pita mendekam di otak pria ini selama empat tahun
  • Jokowi dijemput mobil kenegaraan & ditraktir makan PM Singapura
  • Bikin resah, sindikat curanmor asal Aceh dibekuk polisi
  • Jokowi tak bangga dengan prestasi Kaesang di Singapura
  • SHOW MORE