Merdeka.com tersedia di Google Play


Tangkap Bupati Madina, petugas KPK sempat salah jalan

Reporter : Yan Muhardiansyah | Rabu, 15 Mei 2013 20:05


Tangkap Bupati Madina, petugas KPK sempat salah jalan
Rumah Bupati Madina Hidayat Hasibuan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara berhasil diringkus Komisi Pemberantas Korupsi. (KPK) di rumah seorang pengacara di Jalan Perjuangan No 45 Kompleks Veteran, Laut Dendang, Percut Sei Tuan, Deliserdang, Rabu (15/5) petang. Sebelum berhasil meringkusnya tim dari KPK sempat salah jalan.

Menjelang penangkapan itu, rombongan tim KPK sempat diikuti wartawan. Terdapat tiga mobil beriringan dari Kejati Sumut pada pukul 14.30 WIB. Toyota Kijang Innova krem perak BK 1414 JS berada di barisan depan.

Di belakangnya, ada mobil Toyota Kijang Innova hitam BK 1525 QF. Di dalam kendaraan itu, ada dua personel Brimob berpakaian dan bersenjata lengkap. Sedangkan Toyota Avanza BK 1327 KG ada di posisi paling belakang.

Iring-iringan kendaraan itu melintas di Jalan Pancing kemudian masuk Jalan Perjuangan. Di tengah Jalan Perjuangan, mereka bertanya ke bengkel sepeda motor.

"Mereka tanya di mana Jalan Perjuangan 45, rumah pengacara. Mana ada di sini Jalan Perjuangan 45, Masjid Perjuangan 45 ada. Dia nggak bilang nomor 45," kata mekanik di bengkel itu.

Rombongan KPK kemudian bergerak pelan melintasi Jalan Perjuangan. Selanjutnya mereka berbelok ke Jalan Purwo kemudian berbalik ke Jalan Gurilla menuju Jalan Pancing.

Dari Jalan Pancing, tiga kendaraan yang membawa tim KPK itu belok ke kiri ke Jalan Letda Sudjono. Tepat di persimpangan Jalan Mandala By Pass, mereka berpencar. Innova krem perak meluncur lurus menuju Tembung.

Sementara itu, dua kendaraan di belakangnya belok ke kiri ke arah Universitas Negeri Medan (Unimed). Dari Depan Unimed, kedua kendaraan naik ke jalan di atas Tol Belmera. Di kawasan ini, petugas KPK menghentikan wartawan yang mengikutinya. Mereka memelas minta tolong agar tidak diikuti. Mereka juga tidak bersedia diikuti dari jauh.

"Tolonglah, kami masih kerja. Ini belum selesai. Kami nggak mau mengambil risiko. Di Kejati Sumut saja, tunggu di sana," ucap seorang petugas KPK berkepala botak berkemeja merah dengan corak garis vertikal.

Karena tak ingin mengganggu tugas KPK, wartawan pun kembali ke Kejati Sumut. Ternyata hanya sekitar 1 km dari lokasi itu, mereka menangkap Bupati Madina Hidayat Batubara. Dia ditangkap di rumah seorang pengacara, tepatnya di Jalan Perjuangan No 45, Kompleks Veteran, Laut Dendang, Percut Seituan, Deliserdang..

Meski KPK menyatakan tak ingin mengambil risiko, penangkapan itu ternyata tidak hanya mereka yang tahu. Ketua Ikatan Mahasiswa IMA Madina Irwandi Nasution dan rekan-rekannya ternyata sudah ada di sana. Mereka bahkan membawa kamera video.

"Kami ada di sana Bang. Tak ada perlawanan waktu ditangkap, kemudian dia dinaikkan ke Innova hitam yang ada Brimobnya," kata Irwandi kepada wartawan.

Namun, Irwandi menolak memberitahukan siapa yang memberitahunya soal penangkapan di rumah pengacara itu. "Bau Hidayat di mana pun tercium kita Bang," katanya.

Setelah penangkapan itu, Irwandi dan rekannya langsung bergerak ke Bandara Polonia, karena Hidayat dibawa ke sana untuk diterbangkan ke Jakarta. Dia tak sempat dibawa ke Kejati Sumut.

Hidayat diterbangkan bersama Suarso, Chairul Anwar Daulay, dan Rupriyanto. Mereka menumpang pesawat Lion Air JT 385 pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, wartawan yang menunggu di Kejati Sumut harus kecewa. Pasalnya, selain Hidayat tak dibawa ke sana, tersangka lain juga dibawa pergi. Sialnya, tak ada kata-kata dari personel KPK.

Hingga pukul 19.30 WIB, meski sudah ada yang kembali ke Jakarta, sebagian petugas KPK masih ada di kantor Kejati Sumut. Tapi, tetap tak ada keterangan.

[ren]

KUMPULAN BERITA
# Kasus Korupsi

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kasus Korupsi, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kasus Korupsi.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Tari Buku 1.022 siswa SD di Surabaya pecahkan rekor MURI
  • Tak terima akan dilebur ke Mandiri, pekerja BTN lapor Hatta
  • Review: Keunggulan lima poin dari Sterling
  • Kijang tabrak balita hingga tewas terpental ke sungai
  • Tim bola kalah, warga juga jarah dan bakar rumah polisi di Buol
  • [FOTO] Imutnya kebiasaan Kim Woo Bin pemeran Young Do Ini
  • Giliran Agus Marto dituding di balik peleburan BTN-Mandiri
  • Hasil pemilu legislatif, PDIP juara di Kota Bandung
  • KH Maimun Zubair akui kenal Prabowo di Yordania
  • Keramahan dan keindahan jadi alasan Tasya Kamila betah di Jepang
  • SHOW MORE