Siapakah sosok pengusaha Sumohadi dalam film Habibie & Ainun?

Reporter : Yulistyo Pratomo | Senin, 17 Desember 2012 23:17




Siapakah sosok pengusaha Sumohadi dalam film Habibie & Ainun?
BJ Habibie. ©2012 Merdeka.com/mudasir

Merdeka.com - Dalam film Habibie & Ainun, turut memasukkan sosok seorang pengusaha besi bernama Sumohadi. Pengusaha itu diperankan langsung oleh sang sutradara Hanung Bramantyo dengan menggunakan kacamata berbentuk bulat.

Selain mengisahkan perjalanan hidup kedua pasangan itu, film berdurasi 2,5 jam ini juga menceritakan kehadiran Sumohadi. Kemunculannya bermula ketika Habibie tengah memberikan paparan mengenai rencananya membangun industri pesawat terbang di bandung.

Pertemuan itu bermula ketika Habibie memutuskan kembali ke Tanah Air setelah bertemu dengan Ibnu Sutowo di Kedutaan Indonesia di Jerman. Dalam perjumpaannya, Ibnu menjanjikan pemerintah Indonesia akan memberikan apapun yang diminta Habibie.

Ketika berada di dalam kantornya, pengusaha tersebut mengirimkan ajudannya untuk meminta cetak biru pembuatan pesawatnya. Meski disertai ancaman, namun Habibie menolak.

"Siapa yang bisa bertanggung jawab kalau rancangan ini tersebar luas," tanya Habibie seperti yang diperankan oleh Reza.

Tidak berhenti sampai di sana, Sumohadi terus berusaha melakukan pendekatan dengan Habibie meski sudah menjabat sebagai menteri. Bahkan, dia memberikan pelbagai cedera mata di hari ulang tahunnya berupa dua buah parsel. Diselipkan pula dua arloji emas yang dimasukkan kotak warna biru.

Melihat itu, Ainun menyarankan kepada Habibie untuk mengembalikan barang tersebut. Adegan lantas melompat ketika Habibie mengembalikan dua arloji itu kepada Sumohadi dan meninggalkannya di ruang kerjanya.

Merasa tidak ditanggapi, Sumohadi kembali menemuinya dengan membawa satu tas koper berisi cek serta uang tunai yang dimasukkan ke dalam amplop warna cokelat. Tapi, langkahnya itu pun mendapat penolakan.

Kemudian, pengusaha tersebut mengirimkan seorang wanita dengan membawa proposal kepada Habibie. Tanpa melihat, wanita tersebut membuka bajunya di hadapan Habibie yang tengah serius membaca proposal yang dia bawa, namun tindakan itu ternyata terlihat oleh ajudannya dan membawanya keluar.

Merasa dilecehkan, Habibie lantas memarahi Sumohadi. Pengusaha tersebut beralasan tindakannya itu hanya candaan, namun Habibie tidak terima dan meminta dia keluar dari ruang kerjanya.

Kekecewaan yang dia pendam itu membuat Sumohadi mulai berusaha menjatuhkannya dari jabatannya sebagai menteri. Dia membuat pernyataan Habibie telah melakukan tindakan di luar kepatutannya sebagai menteri. Namun tindakan itu tidak lantas menjatuhkannya.

Memasuki era reformasi, ketika Habibie didaulat menjadi Presiden ketiga menggantikan Soeharto. Sumohadi mulai mencoba menghancurkan kedudukannya dengan memberikan pernyataan-pernyataan negatif kepada media. Dia menuding, Habibie terlibat dalam kasus korupsi yang melibatkan keluarga cendana dan membuat laporan pertanggung jawabannya ditolak DPR.

Dari urutan cerita tersebut di atas, siapakah sosok pengusaha Sumohadi tersebut?

[lia]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be smart, read more
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • [VIDEO] Kenali rapper ganteng S.M.ROOKIES ini!
  • Hati-hati, kebanyakan makan lemak bisa rusak indera penciuman!
  • Kasus Bupati Ade Swara, KPK akan periksa kepala Bappeda Karawang
  • SBY bayar zakat penghasilan Rp 20,7 juta dan fitrah 14 jiwa
  • KapanLagi.comŽ bagikan tiket AFAID 2014 gratis buatmu, jangan lewatkan!
  • Inilah Umar bin Abdul Aziz, sosok pemimpin amanah
  • Kasus Obor Rakyat, penyidik Bareskrim panggil Jokowi besok
  • Demonstran datangi KPU, minta Jokowi didiskualifikasi
  • Arkarna ajak fans Indonesia berpesta atas kemenangan Jokowi
  • Tiga jenazah WNA di RS Sanglah belum diambil pihak keluarga
  • SHOW MORE