Rabu, MK pilih pengganti Mahfud MD jadi ketua

Reporter : Baiquni | Senin, 1 April 2013 11:01

Rabu, MK pilih pengganti Mahfud MD jadi ketua
Sidang MK. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mahkamah Konstitusi (MK) berencana menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) untuk menentukan ketua baru pengganti Mahfud MD pada Rabu, 3 April 2013. RPH ini dapat dipastikan akan diikuti oleh sembilan hakim konstitusi


"Pemilihan ketua baru pada 3 April 2013 pukul 10.00 WIB. Diputuskan dalam RPH oleh sembilan hakim konstitusi," ujar juru bicara MK Akil Mochtar di Jakarta, Senin (1/4).

Akil mengatakan, formasi lengkap itu disebabkan Arif Hidayat secara resmi akan menjabat sebagai hakim konstitusi hari ini setelah mengucap sumpah jabatan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara.

"Akan ada juga pisah sambut antara Pak Mahfud dengan Pak Arif di MK nanti sore," terang Akil.

Terkait siapa saja calon yang masuk kandidat pemilihan ketua MK, Akil belum dapat memastikan. Menurut dia, masing-masing hakim konstitusi memiliki kesempatan yang sama untuk memilih dan dipilih.

Lebih lanjut, Akil menambahkan, pemilihan ketua akan dijalankan sesuai dengan prosedur yakni musyawarah oleh sembilan hakim. "Kalau dalam musyawarah itu tidak tercapai mufakat, maka pemilihan akan dilaksanakan dengan voting terbuka," pungkas dia.

[lia]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE