PPATK bidik pencucian uang yang libatkan LSM & Ormas

Reporter : | Senin, 20 Februari 2012 11:56

PPATK bidik pencucian uang yang libatkan LSM & Ormas

Merdeka.com - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga sedang menyorot dugaan pencucian uang yang dilakukan Organisasi massa dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Namun hingga kini PPATK belum menemukan aindikasi tersebut.


"Kita belum temukan (pencucian uang oleh Ormas dan LSM), cuma kita sempat meminta kepada Dirjen Bea Cukai karena mereka mempunyai kewenangan mengawasi temuan uang tunai ke Indonesia," ujar kepala PPATK M Yusuf kepada wartawan sebelum raker dengan Komisi III di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/2).

Saat ini, untuk mencegah terjadinya modus pencucian uang dengan mengalirkan uang ke Ormas dan LSM, PPATK sedang menyusun rancangan peraturan pemerintah (RPP). Dalam RPP tersebut, PPATK mengusulkan Bea Cukai bisa melakukan penggeledahan.

"Supaya mereka lebih aktif lagi dan RPP yang kita buat kita ingin Bea Cukai diberi kewenangan agar menggeledah orang-orang yang membawa uang ke Indonesia," terangnya.

Dari temuan selama ini, PPATK belum menemukan LSM atau Ormas yang diduga terlibat praktek pencucian uang. Namun PPATK membuka kerja sama dengan mitra kerja lainnya.

"Sebagai mitra kerja kita memberikan data dan input yang relevan. Kita dorong KPK dalam memberikan data, itu pun kalau KPK butuh ahli kita siapkan," imbuhnya.

[hhw]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Pencucian Uang

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE