Pohon khat yang diduga mengandung khatinon tumbuh di Banyumas

Reporter : Didi Syafirdi | Senin, 4 Februari 2013 16:25




Pohon khat yang diduga mengandung khatinon tumbuh di Banyumas
pohon khat. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepolisian Resor Banyumas mengamankan sebuah ladang di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang diduga ditanami pohon Khat. Dalam pohon itu ditenggarai mengandung zat derivatives cathinone atau katinon.

"Polres Banyumas hari ini mendapat informasi dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan yang menginformasikan telah menemukan tanaman yang memiliki kemiripan dengan pohon Khat yang mengandung katinona," kata Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Dwiyono saat meninjau ladang tersebut, di Dusun Munggangsari, Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas.

Dia mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah tanaman tersebut merupakan tanaman Khat atau bukan. Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya telah mengambil contoh untuk diuji di laboratorium krimininal.

Kendati demikian, dia tidak menyebutkan langkah yang akan dilakukan Polres Banyumas, jika tanaman tersebut terbukti sebagai tanaman Khat.

"Sampai saat ini kami masih melakukan pengecekan terlebih dulu," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan menempatkan personel untuk menjaga ladang yang terdapat tanaman mirip tanaman Khat ini. Disinggung mengenai siapa pemilik ladang tersebut, Dwiyono mengatakan, pihaknya masih menyelidikinya.

"Masih dalam proses penyelidikan, mudah-mudahan secepatnya. Namun faktor utama, kita akan menentukan kepastian tanaman ini," katanya.

Usai mengambil sampel tanaman, petugas dari Polres Banyumas segera memasang garis polisi di sekitar ladang tersebut.

Ketua LMDH Karangsalam Sisworo mengatakan, pihaknya mencurigai adanya tanaman Khat di desa tersebut setelah melihat tayangan di televisi terkait pemberitaan tentang Raffi Ahmad.

"Saat menyaksikan tayangan televisi, saya ingat kalau sempat melihat tanaman tersebut di desa itu. Saya kemudian mencari informasi di internet dan ternyata tanaman tersebut sangat mirip dengan tanaman Khat," kata dia yang juga Kepala Dusun Munggangsari.

Khawatir akan disalahgunakan oleh masyarakat, dia pun segera melaporkan temuan tanaman mirip Khat tersebut kepada polisi.

"Saya khawatir ada pemuda atau masyarakat yang menyalahgunakannya setelah adanya pemberitaan di televisi. Apalagi kabarnya tanaman ini tumbuh di dataran tinggi seperti yang ditemukan di Puncak, Bogor, kalau di sini sekitar 700 meter di atas permukaan laut," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, ladang seluas 2.100 meter persegi ini milik seorang warga bernama Waerah (52) yang disewa seorang keturunan Arab yang tinggal di Purwokerto selama sepuluh tahun dengan biaya sewa Rp 15 juta.

Salah seorang warga Dusun Munggangsari RT 01 RW 03, Nina mengatakan, orang yang menyewa ladang itu menyebut tanaman yang ditanamnya dengan sebutan teh Arab.

"Orang Arab itu biasanya datang sekitar satu hingga dua bulan sekali untuk memetik daun tanaman tersebut, terakhir datang sekitar seminggu lalu. Orang Arab itu memetik sendiri, temannya tidak boleh naik ke ladang," kata dia yang rumahnya berseberangan jalan dengan ladang tersebut.

Informasi yang dihimpun, tanaman Khat termasuk dalam ordo Celastrales dan Family Celastraceae serta memiliki nama latin Catha edulis. Demikian dilansir dari Antara, Senin (4/2).

Tanaman Khat termasuk dalam jenis tanaman semak dengan masa pertumbuhannya yang lambat jika sudah diolah menjadi narkotika biasa disebut dengan katinona yang tergolong ke dalam obat-obatan terlarang golongan I. Dalam Undang-Undang Pengawasan Psikotropika di Indonesia karena mengandung Monoamina Alkaloid.

[did]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • 500 Pil ekstasi stok tahun baru diamankan Polrestabes Bandung
  • Pegawai telat rapat, Wali Kota Tangerang geram dan kunci ruangan
  • Megawati: Kaum perempuan harus berpikir cerdas
  • Dengar kabar anak meninggal, Gede Loka kabur dari bui
  • Rencana penghapusan premium tak masuk dalam RPJMN
  • Bupati Kutai Timur bantah terima Rp 3 M urus tambang Nazar
  • 3 Alasan kenapa makan mentimun bisa sembuhkan kanker
  • Harta Udar kembali disita, kali ini 4 kamar di Aston Hotel Bogor
  • Harga CPO fluktuatif, perusahaan sawit ini incar laba Rp 735 M
  • 3 Dari 12 WNI ditangkap polisi Malaysia masih diperiksa intensif
  • SHOW MORE