Petani sayur di Magelang ditemukan tewas di sumur tua

Reporter : Parwito | Kamis, 27 Juni 2013 03:12




Petani sayur di Magelang ditemukan tewas di sumur tua
Evakuasi jenazah Suroso. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Suroso alias Sardi (48) warga Dusun Sintok, Desa Gantang, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang ditemukan tewas mengenaskan. Suroso ditemukan tewas dalam posisi tenggelam di sumur tua, Rabu (26/6).

Sebelum ditemukan tewas, Suroso sempat pamitan dari rumah sejak Senin (22/6) lalu untuk menemui orang pintar atau paranormal H Mudzakir (75) di Dusun Tegalsari, Desa Telukan Danurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Menurut saksi mata Wachid (27) warga sekitar yang pertama kali menemukan korban menceritakan, dirinya sekitar pukul 15.00 WIB hendak menimba air di sumur tua untuk keperluan memasak air di rumahnya.

"Saya nimba air di situ dengan nggak sengaja ember sudah masuk sampai dasar air saya tarik atas gantungan berat, saya lepas. Akhire sudah sampai bawah keadaan kosong ada air sedikit, ada bau busuk saya buang saya penasaran pulang ambil batere. Arahkan ke bawah ternyata ada sesosok mayat terapung di bawah sumur," ujar Wachid.

Wachid pun langsung memberitahukan kejadian itu ke Ningsih(32) keponakan H Mudzakir, paranormal yang didatangi korban yang merupakan pemilik rumah yang ada di bagian depan sumur tua korban ditemukan.

"Mendengar Wachid memberitahu saya ada sesosok mayat mengambang di sumur paman saya (Mudzakir) saya langsung memberitahukan kejadian itu ke beberapa perangkat desa dan langsung melaporkan kejadian itu ke polisi," ungkap Ningsih.

Kejadian itupun membuat ratusan warga sekitar berkerumun ingin menyaksikan proses evakuasi. Petugas Polres Magelang dibantu dengan aparat TNI datang langsung berupaya untuk mengamankan TKP dan menghalau warga agar menjauh dari sumur tua itu. Petugas juga langsung meminta keterangan dari beberapa saksi terkait dengan kejadian itu.

Setelah menunggu berjam-jam lamanya, akhirnya sekitar pukul 19.00 WIB proses evakuasi pun mulai dilakukan oleh Tim SAR Kabupaten Magelang, BPBD Kabupaten Magelang, Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Magelang dan PMI Kabupaten Magelang. Evakuasi juga melibatkan beberapa relawan di antaranya dari Linang Sayang Comunication (LSC) dan Kompag Merapi.

Proses evakuasi mengalami kesulitan, pasalnya selain sumur dalam kondisi tua bangunannya rentan longsor. Selain itu kondisi mayat yang sudah membusuk mengakibatkan petugas PMK Kabupaten Magelang harus melakukan penyemprotan. Hal itu dilakukan supaya bau busuk yang ada di dalam lubang sumur hilang. Selain itu, ketersediaan tabung gas CO2 yang ada di SAR Kabupaten Magelang habis.

Baru sekitar pukul 20.35 WIB, mayat korban kemudian berhasil dievakuasi dari dalam dasar sumur. Kondisi jasad korban sudah sangat mengenaskan, seluruh badannya membiru dan hampir melepuh. Diduga korban sudah tenggelam di sumur lebih dari dua hari.

Mayat korban sekitar pukul 22.00 WIB kemudian langsung dilarikan ke RSUD Muntilan, Kabupaten Magelang untuk dilakukan autopsi. Langkah itu dilakukan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab meninggalnya korban.

Kasus penemuan mayat tenggelam di dasar sumur tua ini kini ditangani oleh petugas Polres Magelang, Jawa Tengah. Belum diketahui pasti apa penyebab tewasnya korban di sumur tua di belakang rumah paranormal tersebut.

[hhw]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Ssttt, Kim Kardashian - Cara Delevingne punya misi rahasia
  • 5 Alasan ini penyebab PDIP gagal jadi pimpinan DPR
  • Usai keperawanan direnggut ustaz, ABG di Semarang alami depresi
  • Usai mengaji, ustaz di Semarang malah setubuhi ABG 16 tahun
  • Kisah lucu pelantikan anggota baru DPR
  • Adu kencang Wi-Fi iPhone 5s dan iPhone 6 Plus, mana yang menang?
  • Presiden SBY ucapkan selamat hari batik nasional
  • Kegagalan PDIP menarik Demokrat & PPP berujung kekalahan
  • [Foto] Pakai popok, putri Channing Tatum beraksi lucu di pantai
  • 9 Manfaat sehat di balik segarnya brokoli
  • SHOW MORE