Pemerintah Jepang bantu Rp 3,5 M untuk RS dan sekolah

Reporter : Moch. Andriansyah | Kamis, 14 Maret 2013 22:04




Pemerintah Jepang bantu Rp 3,5 M untuk RS dan sekolah
anak SD. ©2012 Merdeka.com/dwinarwoko

Merdeka.com - Pemerintah Jepang memberikan bantuan untuk empat proyek lembaga pendidikan dan kesehatan di Jawa Timur. Bantuan berupa dana hibah Rp 3,5 miliar itu sebagai wujud kongkrit langkah Pemerintah Jepang untuk terus memberikan kontribusi keamanan manusia, khususnya untuk tingkat akar rumput masyarakat pedesaan di seluruh Jawa Timur.

Empat proyek yang mendapat bantuan itu adalah proyek peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak di Situbondo. Proyek yang akan digunakan sebagai Pusat Studi dan Pengembangan SDM ini, mendapat bantuan USD 94.450 (Rp 916 juta).

Kemudian proyek renovasi dan penambahan kamar rawat inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Sumberejo, Bojonegoro USD 108.036 (Rp 1,05 miliar), proyek penambahan ruang kelas MI Thoriqotul Falah, Tuban, USD 85.293 (Rp 827 juta) serta proyek pembangunan ruang kelas, laboratorium dan perpustakaan SMP Ma'arif 9 Sawo, Ponorogo, 82.346 (Rp 800 juta).

"Ini merupakan langkah nyata dan komitmen Pemerintah Jepang untuk terus memberikan kontribusi keamanan manusia. Wujudnya adalah bantuan dana ke empat proyek lembaga pendidikan dan kesehatan di Jawa Timur," ujar Konsulat Jenderal Jepang, Noburu Nomura di sela-sela acara penandatanganan naskah hibah di Kantor Konjen Jepang di Surabaya, Kamis (14/3).

Tujuan penyaluran hibah untuk empat proyek lembaga pendidikan dan kesehatan tersebut, menurut Nomura, juga sebagai upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di segala bidang.

"Dalam setahun ini, dari sekitar 100 proposal yang masuk, kami baru bisa menyalurkan bantuan untuk empat proyek. Empat proyek yang mendapat bantuan itu, dipilih berdasarkan syarat berlaku dan melalui proses seleksi," ungkap dia.

Namun, tidak hanya empat proyek tersebut yang mendapat bantuan dari Pemerintah Jepang. Sebelumnya, pada medio 2000 silam, Pemerintah Jepang telah menyalurkan sekitar 60 proyek di seluruh daerah di Jawa Timur.

"Bantuan itu tidak hanya untuk bidang kesehatan dan pendidikan, bantuan program hibah dari Pemerintah Jepang juga untuk bidang-bidang lainnya," tandas dia.

Di tempat yang sama, Kepala MI Thoriqotul Falah, Tuban, As'ad Rosyadi, mengaku akan segera merenovasi atau membangun Gedung Sekolah agar menjadi gedung yang layak sebagai tempat proses belajar mengajar. "Kami cukup bersyukur dengan adanya bantuan ini. Sebab, Gedung Sekolah kami, berdiri sekitar tahun 1965 lalu dan baru ada renovasi pada tahun 1983. Setelah itu tidak pernah ada lagi," ungkap As'ad.

As'ad juga menjelaskan, renovasi yang akan dilakukan oleh pihaknya adalah pembangunan atau penambahan ruang kelas dengan cara membongkar bangunan tua dan menambah ruang UKS, perpustakaan, ruang guru dan toilet.

"Dengan bantuan ini, kami juga berharap, kualitas pendidikan dapat lebih ditingkatkan dan proses belajar mengajar bisa dilakukan dengan rasa aman dan nyaman. Dengan begitu, seluruh civitas pendidikan di MI Thoriqotul Falah, tidak lagi cemas kalau gedung sekolah akan runtuh karena usianya yang sudah tua," pungkas dia.

[ian]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# Anak Sekolah

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Akbar: Saya tidak ikhlas kalau Golkar terjadi perpecahan
  • Batal ke Kampung Sagu, Jokowi nginap di Pekanbaru
  • KPK anggap remeh kabar perpecahan internal
  • Korban pelecehan Raja Solo melahirkan bayi laki-laki
  • Internal KPK dikabarkan tegang karena konflik pegawai-pimpinan
  • Filipina hormati sikap Indonesia tangkap nelayan asing
  • Selalu sempurna, inilah senjata rahasia supermodel Kate Moss
  • Pelaku pariwisata was-was Munas Golkar digelar di Bali
  • Sehari makan 4 kali, rumus kemiskinan tak berlaku di Sulut
  • Ponsel pertama berbasis Windows Phone 10 bakal rilis Maret 2015?
  • SHOW MORE