Pembunuhan bidan Dewi di Medan bermotif asmara

Reporter : Yan Muhardiansyah | Rabu, 6 Maret 2013 16:27




Pembunuhan bidan Dewi di Medan bermotif asmara
warga ke Polres Medan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Pembunuhan terhadap Nurmala Dewi Tinambunan alias Dewi (30) berhasil diungkap. Bidan Puskesmas Teladan Medan itu dihabisi karena cinta segitiga.

"Pembunuhannya direncanakan. Ini motifnya asmara. Ada cinta segitiga antara tersangka Idawati Boru Pasaribu (70), Berton Silaban, dan korban Dewi," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro kepada wartawan di Mapolresta Medan, Rabu (6/3).

Otak pelaku pembunuhan ini adalah Idawati Boru Pasaribu (70) alias Nenek. Pengusaha ekspedisi di Batam ini disangka membunuh karena sakit hati karena menduga Dewi menyembunyikan suaminya Berton Silaban.

Wisjnu memaparkan, 8 pelaku yang terlibat pembunuhan ini berhasil ditangkap. Selain Idawati br Pasaribu, polisi meringkus Rini Dharmawati alias Cici (40), Julius alias Yus (40), Bripka Gunita Bakhtiar (32), Bripda Aulia Pratama Zulfadlil (22), Rizki Darma Putra Gope (23), Ashari alias Ari (18), Iin Dayana (26).

Masing-masing tersangka memiliki peran dalam pembunuhan ini. Idawati Pasaribu menyampaikan ingin membunuh Dewi kepada Rini Dharmawati. Rini kemudian berkomunikasi Yus dan mengajak personel Polwan Polda Sumbar, Bripka Gusnita. Gusnita kemudian meminta bantuan Bripda Aulia sehingga mereka mendapat eksekutor Rizki Darma Putra Gope. Sedangkan Iin diperintahkan Gusnita untuk mengetahui keberadaan korban di Medan.

Setelah beberapa kali gagal mencoba melakukan pembunuhan, Gope yang dibonceng Aulia akhirnya berhasil menghabisi Dewi. Perempuan itu tewas ditembak menggunakan pistol jenis FN yang dibeli pelaku dari M, personel TNI di Padang. M merupakan abang dari Bripka Gusnita.

Dalam pengungkapan ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti, seperti 1 unit mobil Honda Jazz, pistol, 2 sepeda motor, dan uang Rp 240 juta.

"Uang itu merupakan bagian dari uang Rp 300 juta yang diberikan Ida Pasaribu kepada Gusnita untuk menghabisi Dewi," jelas Kasat Reserse Kriminal Polresta Medan Kompol M Yoris Marzuki.

Seperti diberitakan, seorang bidan, Nurmala Dewi Tinambunan alias Dewi (30), tewas ditembak orang tak dikenal di depan rumahnya di Jalan Pertahanan Gang Indah, Patumbak, Deliserdang, Kamis (7/2) petang. PNS yang bertugas di Puskesmas Teladan, Medan, ini ditembak tak lama setelah pulang bekerja. Pelaku disebut-sebut seorang pria mengendarai sepeda motor.

Setelah tertembak, Dewi dilarikan warga ke RSU Estomihi, Jalan Sisingamangaraja, Medan. Namun, sesampai di sana dia tak lagi bernyawa.

[did]

KUMPULAN BERITA
# Pembunuhan

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Jokowi sampaikan hasil pertemuan dengan SBY ke partai koalisi
  • Pelapis dinding Blok G Balai Kota runtuh, Ahok tuntut kontraktor
  • Gelapkan berlian USD 3 juta, Herawati dituntut JPU 4 bulan bui
  • Komnas HAM kroscek laporan massa Prabowo ke Polda Metro Jaya
  • Cinta segitiga remaja di Aceh ini berujung malapetaka
  • Industri Indonesia payah, cuma andalkan buruh murah dan SDA
  • Mahasiswa Kurdi Irak gunakan liburan buat lawan jihadis ISIS
  • Terobosan unik kabinet Jokowi-JK: 5 Menko dan 20 menteri
  • Semen Indonesia bakal bangun kawasan perkantoran di Gresik
  • Pelapis dinding Balai Kota runtuh, Ahok sempat mengira ada bom
  • SHOW MORE