Merdeka.com tersedia di Google Play


Parah mana banjir tahun 2013 dengan 2007?

Reporter : Dedi Rahmadi | Kamis, 17 Januari 2013 06:02


Parah mana banjir tahun 2013 dengan 2007?
evakuasi korban banjir Ciliwung. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Bencana banjir hampir membenamkan Jakarta di awal tahun 2013, setelah sebagian besar wilayah DKI tertutup oleh air. Akibatnya, tidak sedikit warga yang kehilangan harta benda hingga kehilangan nyawa. Banjir juga merusak sistem perputaran bisnis di kota Jakarta, kemacetan

Banjir tahun ini, sudah menelan korban sebanyak empat orang, terhitung hari Rabu (16/1) malam. Mujiyo (46) dan Muhammad Haikal (2), keduanya warga RT 5 RW 5, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, tewas akibat banjir yang menggenangi kawasan rumahnya setinggi 1,2 meter.

"Mojiyo tewas kesetrum pas mau masang colokan, posisi rumahnya sedang banjir," kata Sugiyanto, salah satu tetangga korban saat ditemui di lokasi, Rabu (16/1).

Muhammad Haikal yang masih bertetanggaan dengan Mujiyo juga tewas tenggelam di dalam rumahnya. Korban tenggelam setelah ditinggal ibunya ke kamar mandi. "Korban jatuh dari tempat tidurnya lalu tenggelam di dalam rumah," kata paman korban, Achmad Rachmatulah.

Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satkorlak) DKI Jakarta juga merilis dua orang tewas akibat banjir di Kampung Melayu, Jakarta Timur. Korban tewas bernama Angga yang masih ABG tersebut merupakan warga RT 5 RW 01, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Korban meninggal tenggelam akibat disapu luapan air sungai di Kali Sekretaris.

"Sedangkan satu korban lagi atas nama Mak Inah meninggal saat akan mengungsi. Mak Inah warga Kampung Pulo," ujar petugas Satkorlak Banjir DKI Jakarta Rusli kepada merdeka.com, Rabu (16/1).

Dari data Satkorlak, banjir yang melanda Jakarta menyebabkan 6.200 jiwa mengungsi. Banjir tersebut merendam 50 kelurahan di Jakarta, Kampung Pulo yang terparah karena air luapan sungai Ciliwung setinggi 6 meter.

Jakarta pernah dihantam banjir besar di tahun 2007. Tanggal 1 Februari 2007, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Ibu Kota sejak pagi hingga malam. Sistem drainase buruk, ditambah banyaknya volume air 13 sungai yang melintasi Jakarta berasal dari Bogor-Puncak-Cianjur dan air laut pasang, mengakibatkan 60 persen wilayah DKI.

Ibu Kota terendam banjir dengan kedalaman mencapai hingga 5 meter di beberapa titik lokasi banjir.

Pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) di 11 pos pengamatan hujan menunjukkan, hujan yang terjadi pada tanggal 2 Februari 2007 mencapai rata-rata 235 mm, bahkan tertinggi di stasiun pengamat Pondok Betung mencapai 340 mm. Hujan rata-rata di Jakarta yang mencapai 235 mm itu sebanding dengan periode ulang hujan 100 tahun dengan probabilitas kejadiannya 20 persen.

Banjir 2007, sedikitnya 80 orang dinyatakan tewas selama 10 hari karena terseret arus, tersengat listrik, atau sakit. Kerugian material akibat matinya perputaran bisnis mencapai triliunan rupiah, diperkirakan 4,3 triliun rupiah. Warga yang mengungsi mencapai 320.000 orang hingga 7 Februari 2007.

[ded]

KUMPULAN BERITA
# Jokowi Ahok

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Jokowi Ahok, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Jokowi Ahok.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Cuma raih 7 suara,Caleg PPP ambil lagi amal Rp 10 juta ke masjid
  • PPP yakin walau dirotasi Romi tetap bersama SDA
  • Review: Garuda Jaya gagal menang di laga penutup
  • Dokter India temukan selusin emas batangan di perut pasien
  • Usai bentrokan, sel napi di Lapas Pemuda Tangerang digeledah
  • Ternyata efek bercinta tak sama dengan olahraga
  • Orang berjaket FPI demo di depan markas PPP
  • Emron Pangkapi geram, sebut koalisi dengan Gerindra ilegal
  • SBY bicara soal konvensi Demokrat, koalisi atau oposisi
  • Identitas wanita Inggris seret lelaki seperti anjing terungkap
  • SHOW MORE