Pangdam: Mobil patroli TNI dihadang OPM

Reporter : Lia Harahap | Minggu, 1 Juli 2012 12:16

Pangdam: Mobil patroli TNI dihadang OPM
Aksi lilin untuk Papua. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Petugas gabungan TNI-Polri hari ini melakukan penjagaan ketat di kawasan Papua sehubungan dengan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka yang jatuh hari ini. Namun, saat pasukan dari Yon 413 Kostrad melakukan patroli, kendaraan mereka dihadang kelompok separatis bersenjata yang diduga kelompok Organisasi Papua Merdeka.


Kejadian itu terjadi di kawasan Sawi Tami, Kecamatan Wembi, Kabupaten Keerom. Daerah itu merupakan perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Demikian dikutip dari Antara, Minggu (1/7).

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Erwin Safitri yang dihubungi mengakui anggotanya dihadang saat melintas di kawasan itu.

Dihubungi terpisah, Komandan Yon 431 Kostrad Letkol Inf Indarto juga membenarkan insiden. Tak sekadar menghadang, sempat pula terjadi baku tembak.

"Anggota saya terluka akibat terkena pecahan kaca mobil," kata Indarto.

Indarto menambahkan, saat itu petugas sedang melakukan patroli rutin ke pos-pos. Saat melintas di Kampung Sawi Tami, mereka dihadang kelompok OPM yang dipimpin Lambert Pekikir. Selain menghadang kendaraan pasukan TNI, OPM juga menembaki kendaraan lain yang berada dibelakangnya.

[lia]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE