MA cabut SEMA pedoman pencatatan akta kelahiran

    Reporter : Baiquni | Kamis, 2 Mei 2013 20:01

    MA cabut SEMA pedoman pencatatan akta kelahiran
    M Hatta Ali. Merdeka.com/Arie Basuki

    Merdeka.com - Mahkamah Agung (MA) secara resmi mengeluarkan Surat Edaran (SEMA) Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pencabutan SEMA Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pedoman Penetapan Pencatatan Kelahiran yang Melampaui Batas Satu Tahun Secara Kolektif. SEMA ini diedarkan untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghapuskan keterlibatan pengadilan dalam pencatatan akta setelah lewat satu tahun kelahiran.


    "Sejak 1 Mei 2013 pengadilan tidak lagi berwenang untuk memeriksa permohonan penetapan pencatatan akta kelahiran, maka SEMA Nomor 6 Tahun 2012 menjadi tidak relevan dan oleh karenanya harus dicabut," ujar Ketua MA Hatta Ali di Jakarta, Kamis (2/5).

    Hatta mengatakan, meskipun SEMA Nomor 6 Tahun 2012 telah dicabut, pengadilan tetap memiliki kewajiban untuk memproses permohonan pencatatan akta kelahiran yang telah didaftarkan sebelum 1 Mei 2013.

    "Terhadap permohonan penetapan akta kelahiran yang telah diregister sebelum 1 Mei 2013 agar terus diselesaikan segera mungkin supaya masyarakat bisa memperoleh haknya," kata Hatta.

    Sebelumnya, MK telah mencabut Pasal 32 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Dalam putusan yang dibacakan pada Selasa (30/4) kemarin, MK menyatakan pembuatan akta yang telah lewat satu tahun kelahiran tidak perlu melalui pengadilan.

    [dan]

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # Mahkamah Agung

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE