Lokalisasi Kermil ditutup, prostitusi terselubung mengintai

Reporter : Moch. Andriansyah | Rabu, 29 Mei 2013 10:27




Lokalisasi Kermil ditutup, prostitusi terselubung mengintai
PSK. shutterstock

Merdeka.com - Upaya Kementerian Sosial (Kemensos) dan Pemprov Jawa Timur serta Pemkot Surabaya, menutup semua lokalisasi di Jawa Timur, disambut suka cita Komunitas Peduli Kermil (KPK). Bahkan, pasca penutupan lokalisasi Kermil kemarin (28/5), KPK berjanji akan ikut mengawasi dampak sosial yang bakal terjadi akibat penutupan itu.

Selain akan dibangun pasar sosial senilai Rp 1,5 miliar lebih dari bantuan Kemensos, KPK akan secara rutin menggelar seminar tentang bahaya narkoba, antisipasi seks bebas dan pendidikan moral untuk anak-anak dan remaja di kawasan Kermil, yang berada di Tambak Asri.

Ketua KPK Daniel Lukas Rorong mengatakan, pihaknya akan turut serta mengawasi dan memantau lokalisasi Kermil pasca penutupan secara resmi oleh Pemkot Surabaya yang dibantu Pemprov Jawa Timur, di lapangan barat Tambak Asri.

"Pada penutupan lokalisasi kemarin (28/5), juga dihadiri Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri . Dan yang perlu diwaspadai dan diantisipasi adalah dampak sosial yang pastinya akan muncul pasca penutupan ini. Dampak sosial itu seperti pengangguran, meningkatnya aksi kriminalitas, prostitusi terselubung, dan yang parah adalah terjadinya tindakan pelecehan seksual," beber Daniel, Rabu (29/5).

Menurut Daniel, sebelum lokalisasi Kermil ditutup, tak sedikit orang yang menggantungkan hidupnya di kawasan Kermil. "Banyak orang yang mengais keuntungan secara ekonomis di lokalisasi Kermil. Seperti penjual makanan, tukang pijat, buruh cuci, buruh setrika, tukang becak dan masih banyak lagi yang lainnya, yang memanfaatkan lokalisasi Kermil," ungkapnya.

Belum lagi aspek keamanan dan kenyamanan untuk warga, lanjut dia, khususnya anak-anak serta remaja putri yang bermukim di kawasan Tambak Asri ini, pasca penutupan Kermil.

"Perlu peran dari banyak pihak, tak hanya pemerintah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Untuk itu, kami dari Komunitas Peduli Kremil juga siap membantu dalam hal ini," jelas Daniel.

Ayah dua anak yang lahir dan besar di Kremil ini, juga mengklaim memiliki agenda-agenda khusus untuk ke depan pasca penutupan lokalisasi, khususnya untuk pembinaan dan kenyamanan anak-anak serta remajanya.

"Kami berencana membuka perpustakaan, pelatihan internet serta sarana bermain. Semuanya gratis," ungkap dia pri yang sejak 2007 lalu telah melakukan pendampingan bagi para mucikari dan PSK Kermil.

Tak hanya itu, KPK juga akan rutin menggelar seminar bahaya narkoba, antisipasi seks bebas dan pendidikan moral untuk anak-anak dan remaja Kremil.

"Karena bagaimanapun juga, mereka adalah generasi penerus bangsa," kata Daniel yang mengaku masa kecilnya pernah trauma dengan keagresifan para PSK Kremil dulu.

Sedangkan untuk para orangtua, KPK juga akan menggelar secara bergilir pelatihan atau kursus-kursus seperti memasak, membatik, tata rias kecantikan, pemeriksaan kesehatan gratis dan lain sebagainya.

"Ini sesuai dengan tagline kami, yakni mewujudkan Kermil menuju harapan baru. Dan tentunya, kami akan bekerjasama dengan banyak pihak," pungkas pria yang berprofesi sebagai financial consultant di salah satu perusahaan asuransi tersebut.

Diberitakan kemarin, Kemensos bersama pemerintah di Jawa Timur, resmi menutup lokalisasi Kermil, dan mengganti sumber mata pencarian para mucikari dan PSK dengan membangun pasar sosial di area bekas lokalisasi Kermil. Tak hanya itu saja, Kemensos juga memberi tali asih Rp 3 juta perorang pascapenutupan lokalisasi.

[did]

KUMPULAN BERITA
# Prostitusi# Surabaya

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Rinada semakin siap hadapi kasus gambar syur
  • Gerai properti Inggris tak sengaja putar film biru di teras toko
  • Jokowi istirahat, pertemuan dengan pimpinan DPR diundur besok
  • Pengamat ingatkan Jokowi segera atasi ancaman kuota BBM jebol
  • 'Fifty Shades of Grey' syuting ulang karena kurang chemistry?
  • Ancelotti ungkap cara jinakkan Messi
  • Kerabat dan kolega jenguk Habibie di RSPAD
  • Ikut acara malam satu suro, Vicky Shu tampil cantik
  • Diduga selingkuh, Siti tewas dipukul suaminya dengan pot bunga
  • Pemerintah jadikan IPTEK strategi majukan industri maritim
  • SHOW MORE