KY: Sulit mendapat Hakim Agung baik seperti Taufik

Reporter : Baiquni | Senin, 17 Desember 2012 18:11

KY: Sulit mendapat Hakim Agung baik seperti Taufik
Gedung Mahkamah Agung. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Hakim Agung M Taufik telah dipanggil menghadap Sang Kuasa karena menderita kanker. Komisi Yudisial (KY) merasa kehilangan sosok hakim dengan rekam jejak baik seperti Taufik.

"KY merasa kehilangan seorang Hakim Agung yang baik. Untuk mencari calon Hakim Agung yang baik tidaklah mudah," ujar Wakil Ketua KY Imam Anshori Saleh di kantornya, Jl Kramat Raya, Jakarta, Senin (17/12).

Imam mengatakan, meninggalnya Hakim Agung Taufik tentu menyebabkan kekosongan pada institusi Mahkamah Agung (MA). Oleh karena itu, dia mengimbau agar MA segera mengirimkan permohonan calon Hakim Agung ke KY.

"Kalau MA merasa kekurangan Hakim Agung dengan meninggalnya pak Taufik, diharapkan segera mengajukan permintaan ke KY untuk membuka pendaftaran lagi," kata Imam.

Selanjutnya, Imam menerangkan, permohonan itu akan dipenuhi KY sesegera mungkin sekaligus untuk membayar kekurangan satu orang Hakim Agung yang belum dapat dipenuhi KY.

"Selain pak Taufik, KY masih berutang satu Hakim Agung. Artinya, kalau ada dua kekurangan KY harus menyiapkan enam orang calon," pungkas dia.

[dan]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE