Komnas HAM diduga melakukan maladministrasi

Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo | Senin, 8 April 2013 17:07

Komnas HAM diduga melakukan maladministrasi
Komnas HAM. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wakil Ketua Ombudsman Azlaini Agus, menduga Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah melakukan tindakan maladministrasi. Itu terjadi karena komnas sedikit banyak terpengaruh oleh konflik di tubuh lembaga ad hoc itu.


"Mestinya Komnas HAM tidak boleh melakukan hal itu. Meski ada konflik, mereka adalah lembaga negara dan wajib melayani rakyat," kata Azlaini kepada wartawan usai menerima pengaduan Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) di Gedung Ombudsman, Senin (8/4).

Dia menjelaskan, maladministrasi terhadap para korban pelanggaran hak asasi manusia tidak boleh terjadi dengan alasan apapun.

Konflik internal, dia melanjutkan, dalam lembaga ad hoc itu seharusnya tidak dijadikan alasan buat menunda penerbitan surat rekomendasi buat para korban pelanggaran HAM agar mereka cepat mendapatkan rehabilitasi medis dan psikososial.

Azlaini menuturkan, selain akan memanggil Komnas HAM pada Rabu pekan depan, dia menyarankan para korban pelanggaran HAM menyampaikan permasalahan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Dia yakin dewan lebih memiliki kekuasaan buat menekan komnas yang dianggap bermasalah, ketimbang Ombudsman.

"Apalagi pada Juni mendatang mereka akan mulai mengajukan rancangan anggaran buat 2014. Biar semua persoalan ini nanti jadi pertimbangan DPR buat mengesahkan rancangan anggaran Komnas HAM," ujar Azlaini.

[mtf]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Komnas HAM

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE