Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kebut Renovasi Stadion Piala Dunia U-20, Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kebut Renovasi Stadion Piala Dunia U-20, Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Ketua Umum PSSI Erick Thohir Mengecek Stadion Si Jalak Harupat. Aksara Bebey

Merdeka.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir meminta renovasi Stadion Si Jalak Harupat (SJH) bisa rampung tepat waktu. Semua kendala harus terdeteksi sebelum bisa digunakan pada ajang Piala Dunia U-20.

Erick langsung mendatangi stadion yang berlokasi di Kabupaten Bandung itu, Sabtu (11/3). Tujuannya, semua proses berjalan baik sebelum dicek langsung oleh perwakilan FIFA pada 21 Maret hingga 27 Maret mendatang.

"Kami ingin memastikan ada pendamping dan (jika) ada hal-hal yang tidak diinginkan (dalam proses renovasi), bisa perbaiki sedini mungkin," kata dia.

Diketahui, laga piala dunia U-20 tahun 2023 diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) (Surabaya), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Pria yang juga didapuk sebagai Ketua Penyelenggara Piala Dunia FIFA U-20 (LOC) ini berharap semua tempat bisa lolos dan dinyatakan layak menjadi tempat bertanding oleh FIFA. Artinya, hal-hal yang berpotensi bisa menggagalkan target tersebut harus diselesaikan dengan baik.

Maka dari itu, peran Pemerintah Daerah (Pemda) dianggap krusial untuk memastikan semua berjalan baik. Komitmen yang sudah disepakati harus direalisasikan.

"Saya rasa Pemda tadi sudah kasih komitmen deadline untuk sesuai," kata dia.

Erick Tohir Intip Peluang jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Erick Thohir menilai penyelenggaraan Piala Dunia U-20 jadi momen penting. Kesuksesan ajang ini bisa menentukan pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2034.

Maka dari itu, semua persiapan harus dilakukan dengan baik. Stadion yang diajukan sebagai tempat berlaga timnas U-20 mesti dinyatakan layak oleh FIFA.

Dalam sehari ini, Erick Thohir mengecek langsung proses renovasi di Stadion Jakabaring pada siang hari, dilanjutkan di Stadion Si Jalak Harupat.

Menurut dia, pengecekan langsung adalah bentuk keseriusan sekaligus upaya agar semua rencana berjalan dengan lancar.

"Besok (Minggu) kami (rombongan) ke Solo jam 8 pagi, sorenya sudah di Bali, Seninnya di Jawa Timur (Surabaya), sore di Jakarta," kata Erick Thohir, Sabtu (11/3).

"Ini perlu keseriusan. Kalau ini gak lolos, masa 2034 kita masih ngajuin (jadi tuan rumah Piala Dunia)," Ia melanjutkan.

Artinya, menurut dia, Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun ini merupakan momentum penting. Apalagi, ajang serupa yang diselenggarakan di kawasan Asia Tenggara ini merupakan pertama sejak kali terakhir lebih dari dua dekade lalu.

Ajang Piala Dunia U-20 biasanya tempat lahirnya maestro sepakbola. Nama-nama seperti Messi atau Paul Pogba pernah menjalani karir di level ini. Indonesia akan menjadi saksi adanya bintang baru di dunia sepak bola dunia.

Erick ingin semua persiapan sudah rampung sebelum perwakilan FIFA datang langsung mengecek semua kesiapan infrastruktur semua stadion pada 21 Maret hingga 27 Maret 2023.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menambahkan, pihak pemerintah daerah siap menyelesaikan setiap catatan yang masuk dalam perbaikan.

"Insya Allah kita selesaikan sesuai dengan tanggung jawab," ucap dia.

Komitmen Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Sukses

Di tempat yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengatakan pengecekan yang dilakukan bagian dari upaya pengawasan pemerintah yang sudah menyatakan komitmen menyukseskan perhelatan Piala Dunia U-20.

Dia mengingatkan bahwa semua gubernur dan bupati atau wali kota yang menjadi tuan rumah sudah menandatangani host city aggrement.

"Pegang apa yang dijanjikan, apa yang sudah dikomitmenkan. Salah satunya ini, kami harap Si Jalak Harupat bisa terpilih, tapi kita belum tahu (keputusan) FIFA seperti apa," kata Zainudin.

Adapun Direktur Prasarana Strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Essy Asiah menjelaskan ada beberapa bagian yang direnovasi. Di antaranya, bagian tribun dengan pembenahan kursi untuk media, VIP dan penonton.

Permintaan lain yang dialamatkan pada Pemda adalah perbaikan aspal di sekitar stadion SJH paling lambat rampung pada 17 Maret 2023.

"Akan datang kursinya. Kami harap Maret ini sebelum FIFA tiba, ini sudah beres," ucap dia.

Respons Menpora Soal Piala Dunia U20 Diwarnai Penolakan Timnas Israel

Rencana penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia diwarnai polemik mengenai penolakan Timnas Israel.

Diketahui, isu ini menjadi salah satu topik yang dibahas oleh netizen di media sosial. Akun resmi Partai Keadilan Sosial (PKS) lantang menyampaikan penolakan.

Di sisi lain, Timnas U-20 Israel dinyatakan bisa berpartisipasi dalam pertandingan karena menjadi finalis Piala Eropa U-19 tahun 2022.

Zainudin menyatakan bahwa semua elemen pemerintah memiliki tugas dan komitmen dalam menyukseskan Piala Dunia U-20. Mengenai penolakan tersebut, penyelesaiannya ada dalam wilayah kewenangan dan tugas Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Dalam pemerintah ada tupoksinya masing-masing. (Masalah penolakan) Ini banyak tugas ke Kemenlu," kata dia saat meninjau renovasi Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (11/3).

"Kemenlu sudah berpengalaman (diplomasi), dan mampu melakukan sesuai apa yang disiapkan," kata dia lagi.

(mdk/gil)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anies Janji Bangun Stadion Berstandar FIFA di Sumbar

Anies Janji Bangun Stadion Berstandar FIFA di Sumbar

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membangun stadion berstandar FIFA di Sumatera Barat apabila dirinya terpilih pada Pilpres tahun ini.

Baca Selengkapnya
Pusat Pelatihan PSSI di IKN Selesai Mei 2024, Juni Bisa Dipakai Timnas U-20

Pusat Pelatihan PSSI di IKN Selesai Mei 2024, Juni Bisa Dipakai Timnas U-20

Menurut dia, kehadiran pusat pelatihan tersebut akan mendukung persiapan timnas sepak bola Indonesia.

Baca Selengkapnya
Siap Tampil di Piala Dunia U-17 2023, Ini 5 Pemain Indonesia yang Diprediksi akan Bersinar

Siap Tampil di Piala Dunia U-17 2023, Ini 5 Pemain Indonesia yang Diprediksi akan Bersinar

Di ajang bergengsi ini, pelatih Bima Sakti sudah memilih 21 pemain terbaik untuk membela Garuda Muda.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Detik-Detik Pemain Sepak Bola Tersambar Petir di Stadion Siliwangi, Sepatu Terbakar dan Baju Robek

Detik-Detik Pemain Sepak Bola Tersambar Petir di Stadion Siliwangi, Sepatu Terbakar dan Baju Robek

Korban sempat dibawa ke Rumah Sakit Sariningsih, namun akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Baca Selengkapnya
Kata Anies Soal Rencana Heru Budi Bangun Rusun Baru untuk Warga Kampung Bayam

Kata Anies Soal Rencana Heru Budi Bangun Rusun Baru untuk Warga Kampung Bayam

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berencana membangun rumah susun baru (rusun) bagi warga eks gusuran Jakarta Internasional Stadium (JIS)

Baca Selengkapnya
Anies Kembali Janjikan Bangun Stadion Haji Agus Salim Berstandar FIFA

Anies Kembali Janjikan Bangun Stadion Haji Agus Salim Berstandar FIFA

Anies yakin bisa melakukannya karena berhasil membangun JIS di Jakarta.

Baca Selengkapnya
Tinjau RSUD Kumpulan Pane Tebing Tinggi, Jokowi Janjikan Renovasi dan Tambah Kapasitas Bangunan

Tinjau RSUD Kumpulan Pane Tebing Tinggi, Jokowi Janjikan Renovasi dan Tambah Kapasitas Bangunan

Alasannya karena RSUD Kumpulan Pane menjadi tempat tujuan berobat masyarakat di kabupaten/kota sekitar Kota Tebing Tinggi.

Baca Selengkapnya
Rekam Jejak PSP Padang, Pemainnya Banyak Direkrut Timnas hingga Sering Melawan Klub Eropa

Rekam Jejak PSP Padang, Pemainnya Banyak Direkrut Timnas hingga Sering Melawan Klub Eropa

Salah satu klub sepak bola yang usianya sudah tidak muda lagi ini sempat melahirkan pemain-pemain lokal andalan Timnas Indonesia tahun 1950-an.

Baca Selengkapnya