Kebun Binatang Ragunan kirim dua harimau Bengal ke Medan

Reporter : Yan Muhardiansyah | Jumat, 31 Mei 2013 16:31

Kebun Binatang Ragunan kirim dua harimau Bengal ke Medan
Harimau Bengal asal Ragunan. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Koleksi Taman Margasatwa Medan bertambah. Sepasang harimau Bengal (Pantera tigris tigris) kiriman Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan tiba di Medan, Jumat (31/5) pagi.


Sepasang harimau Bengal yang menjadi koleksi baru Taman Margasatwa Medan ini yaitu Avatar dan Wesa. Avatar merupakan harimau jantan berusia 6 tahun, sedangkan Wesa berusia 7 tahun.

"Pengiriman kedua harimau ini kerja sama antarlembaga konservasi, kita melakukan pertukaran koleksi. Karena di sini belum ada harimau Bengal, sedangkan kita surplus, maka kita kirim ke sini," kata drh Arianto yang membawa Avatar dan Wesa dari Kebun Binatang Ragunan.

Avatar dan Wesa didatangkan melalui jalur darat. Truk yang membawa keduanya berangkat dari Ragunan, Selasa (28/5) petang dan tiba pada Jumat (31/5) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Kita sengaja menggunakan jalur darat karena lebih aman. Kita bisa selalu mengecek kondisinya, semisal setiap 3 jam. Kita tidak mau harimau mati di pesawat, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, terulang lagi," jelasnya.

Penambahan koleksi 2 ekor harimau Bengal ini menggunakan metode tukar satwa. Untuk mendatangkan Avatar dan Wiesa, Taman Margasatwa Medan memberikan koleksi burung ke Ragunan.

Dengan penambahan 2 ekor harimau Bengal ini, jumlah harimau yang ada di Taman Margasatwa Medan menjadi 11 ekor. Sembilan koleksinya merupakan harimau sumatra (Pantera tigris sumatrae). "Untuk harimau sumatra kita surplus, mungkin akan kita gunakan dalam program tukar menukar satwa lainnya nanti," jelas drh Suci dari Taman Margasatwa Medan.

[bal]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE