Jl. Pahlawan, favorit warga Semarang buat ngabuburit

Reporter : Parwito | Sabtu, 13 Juli 2013 17:48




Jl. Pahlawan, favorit warga Semarang buat ngabuburit
ngabuburit di semarang. ©2013 Merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Ada banyak cara untuk mengisi waktu menunggu saat buka puasa tiba atau yang sering atau populer dengan sebutan ngabuburit. Di Kota Semarang, banyak lokasi yang sering digunakan terutama oleh kawula muda untuk menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Dari beberapa tempat itu, dua tempat yang sering digunakan untuk kegiatan ngabuburit adalah di Kawasan Jalan Pahlawan, Semarang Timur dan Taman Kota Pleret di bantaran Sungai Banjir Kanal Barat, Semarang Barat, Kota Semarang. Walaupun ada beberapa kawasan lain yang juga sering digunakan untuk ngabuburit, dua tempat itulah yang paling ramai dikunjungi.

Jalan Pahlawan Kota Semarang adalah salah satu jalan penghubung menuju Simpang Lima. Pada saat sore menjelang berbuka hingga malam hari, jalan ini berubah menjadi tujuan wisata baru yang ramai. Tempat yang lapang, terang, dan tersedianya aneka jajan membuat malam di Jalan Pahlawan Semarang selalu ramai. Lebih-lebih di akhir pekan ini sangat ramai.

Sejak awal 2011, Pemkot Semarang mulai menata Jalan Pahlawan Kota Semarang. Lintasan trotoar sepanjang lebih dari 500 meter ditata ulang menjadi lebih luas dan lapang. Fasilitas tempat sampah pun ditambah. Tak lupa pohon-pohon baru juga ditanam di sepanjang trotoar meskipun kini belum rindang.

Dulu, jalan ini hanya jalan biasa yang ramai karena menjadi pusat perkantoran pemerintah di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain kantor Gubernur dan DPRD Jawa Tengah, di sini terdapat berbagai perkantoran penting lainya seperti Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Perum Perhutani, Disperindag Jateng, BPS Jateng serta Polda Jateng.

Selama bulan Ramadan ini, mulai dari pukul 16.00 WIB muda-mudi atau keluarga akan memadati sudut-sudut Jalan Pahlawan Kota Semarang. Pasalnya, banyak muncul pedagang musiman yang menawarkan aneka makanan dan minuman untuk berbuka.

Beragam aktivitas dan kegiatan biasa dilakukan beberapa anak muda di sini. Mulai dari membeli makanan atau hanya duduk-duduk santai menikmati suasana yang ramai. Di antara beberapa pedagang, kerumunan anak baru gede (ABG) dan mahasiswa biasanya juga terlihat sedang menjajakan makanan.

Keuntungan hasil dagangan yang mereka dapat ada yang digunakan untuk bakti sosial atau mendukung aktivitas kampus lainya. Namun, ada juga yang digunakan untuk keperluan dan kebutuhan pribadi mereka yang rata-rata sebagai anak kos.

"Sambil menyelam minum air mas. Kita kan butuh uang tambahan untuk kuliah dan bayar kos. Dengan modal sedikit kita bisa dapet keuntungan berjualan kolak dan beberapa minuman ringan lainya," ungkap Meta (22), mahasiswa Undip Semarang jurusan Komunikasi kepada merdeka.com Sabtu(13/7) saat ditemui di sekitar Jl. Pahlawan Semarang.

Bila datang menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki di Jalan Pahlawan Kota Semarang, pembeli tidak perlu bersusah payah mencari makanan dan minuman karena para pedagang akan dengan sigap menawarkan menu andalannya.

Menu-menu wajib berbuka seperti es buah, teh manis, gorengan, kolak, kue-kue ringan dan barbagai jenis makanan dan minuman lainnya akan membuat Anda tertarik untuk membeli.

Soal harga, tidak perlu khawatir karena semua yang dijual di sini tidak akan menguras isi dari kantong Anda. Harganya hanya berkisar antara Rp 2.500 sampai Rp 5.000 saja untuk satu porsi menunya.

Selain tersedia beberapa makanan dan minuman ringan, juga tersedia beberapa permainan seperti; sepatu roda, roller blade dan sepeda baik yang disewakan maupun dari beberapa klub dan komunitas yang hadir.

Usai waktu salat Ashar, para pedagang biasanya sudah mulai membuka lapak dagangan. Ini biasanya berlangsung selama sebulan penuh. Kita tidak hanya bisa menikmati Jalan Pahlawan di malam atau sore hari. Namun, di setiap hari Minggu pagi jalan Pahlawan diberlakukan Car Free Day antara pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Jalanan lurus dan lebar ini pun berubah menjadi area bermain bagi keluarga. Berbagai komunitas, dari komunitas sepeda onthel, pecinta otomotif hingga komunitas pecinta binatang berkumpul. Jika anda mengunjungi Kota Semarang selama bulan Ramadan kali ini, jangan lupa sempatkan diri untuk ngabuburit di Jalan Pahlawan Kota Semarang ini.

[war]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER

LATEST UPDATE
  • Jadi 'kekasih' Vino G Bastian, Tantri Kotak canggung
  • Sekjen PDIP: Rekomendasi Megawati ketum lagi tidak diskenariokan
  • Tolak berhenti, anggota TNI dipukul tongkat oleh polisi cepek
  • Mereka berpegangan tangan selama kurang lebih 700 tahun
  • Jokowi: 80 persen PPP dan PAN merapat
  • Gelar apel akbar, Gerindra beri arahan 5.000 kader pasca pilpres
  • Pecinta kuliner rela antre jika cita rasa memuaskan
  • Aniaya Kekasih, Kim Hyun Joong bakal jadi Chris Brown Korea?
  • Bagaimana nasib Festival Banyuwangi usai ditinggal Bupati Anas?
  • Jokowi yakin Koalisi Merah Putih tak bertahan lama
  • SHOW MORE