Jejak berdarah perseteruan kelompok John Kei dan Hercules

Reporter : Didi Syafirdi | Jumat, 31 Agustus 2012 07:03




Jejak berdarah perseteruan kelompok John Kei dan Hercules
Bentrok Ampera. Merdeka.com

Merdeka.com - Bentrokan berdarah kembali pecah di Jakarta. Mereka yang terlibat ternyata dari kelompok John Refra Kei dan Hercules. Perseteruan dua kubu ini sepertinya sulit dihentikan meski sudah ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum.

Kekerasan yang dilakukan dua kelompok ini dipertontonkan Rabu (29/8) kemarin di Perumahan Taman Palem, Jalan Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Pemicunya tidak lain soal rebutan lahan tanah yang awalnya dijaga oleh kelompok Hercules. Namun tiba-tiba saja anak buah John Kei datang.

Polisi mengambil tindakan tegas dengan menembak dua orang yang terlibat bentrokan hingga tewas. Hingga kemarin Polres Metro Jakarta Barat masih memeriksa 102 pelaku dan akhirnya menetapkan dan menahan 98 orang sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto mengatakan, kedua kelompok ini merupakan rival yang ingin menunjukkan eksistensinya. Mereka ini menjadi kelompok yang paling disegani di Jakarta.

"Di lapangan mereka cenderung rival. Kalau untuk pemicu kecenderungan untuk menjadi yang paling disegani," kata Rikwanto kepada merdeka.com.

Sebenarnya dua nama itu sudah tidak asing dengan sejumlah aksi kekerasan. Beberapa waktu lalu nama Hercules sempat tersangkut dalam kasus penyerangan di Rumah Sakit Gatot Soebroto. Diketahui rumah Hercules dijadikan tempat ngumpet pelaku penyerangan Irene Tupesi dan suami.

Sedangkan John Kei saat ini sedang menjadi pesakitan karena terlibat pembunuhan Bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono atau Ayung. Bahkan oleh Jaksa Penuntut Umum, John Kei didakwa melakukan pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati.

Meski beberapa kali berurusan dengan hukum, pria dengan nama Hercules Rosario de Marshal itu tetap saja ditakuti. Hercules dan anaknya buah dikenal terbiasa menyediakan jasa untuk menjaga lahan di beberapa kawasan Jakarta. Hercules juga sering memimpin langsung tawuran yang melibatkan kelompoknya.

Sosok Hercules identik dengan Tanah Abang. Di wilayah yang dikenal keras itu Hercules begitu ditakuti. Lebih mengerikan ketika Hercules tak tewas meski pernah menderita 16 luka bacok dan sebuah timah panas menembus matanya hingga ke bagian belakang kepala. Beredar isu jika Hercules memang memiliki ilmu kebal.

Setali tiga uang, sosok John Kei juga akrab dengan dunia kekerasan di Ibu Kota. John Kei merupakan pimpinan Angkatan Muda Kei (AMKEI). Lewat organisasi itu, John mulai mengelola bisnisnya sebagai debt collector alias penagih utang. Kelompok John Kei bisa dikatakan penagih kelas atas dengan nominal tak lagi uang receh.

Sebenarnya sudah berulang kali kelompok John Kei membuat ulah. Misalnya pada 2004 puluhan anak buah John Kei menyerbu dua anak buah Sangaji yang menjadi sekuriti di diskotek Stadium, Jakarta Barat. Meski terus berulah, nyali penegak hukum seperti ciut menghadapi mereka.

Aksi tegas polisi saat keributan di Cengkareng diharapkan bisa membuat para pembuat ulah ini. Masyarakat Jakarta tentu menginginkan hidup tenang tanpa ada gangguan dari para preman bayaran.

[lia]

KUMPULAN BERITA
# Bentrokan

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • 4 Alasan hari ini puncak mudik
  • Wartawan lepas CNN diculik separatis pro-Rusia
  • Sony Xperia Z3X, calon phablet jumbo berkamera DSLR?
  • Kemendikbud Siap Gelar Apresiasi Film Indonesia 2014
  • Pemotor mudik naik KM Ciremai dihibur tausiah
  • 5 Pesan Jokowi ke Ahok yang segera jadi gubernur
  • Cincin pernikahan Vivian Hsu bernilai hingga Rp 500 juta!
  • Rombongan pemudik motor diangkut KM Ciremai tiba di Tanjung Mas
  • Polisi periksa DNB, penipu yang pakai nama Hanung
  • Uang tidak bisa pengaruhi keputusan Mahkamah Konstitusi
  • SHOW MORE